Home » Bandung Raya » Polisi Bekuk Kawanan Rudal

Polisi Bekuk Kawanan Rudal

Pencurian kendaraan bermotor.

Pencurian kendaraan bermotor.

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Rudal alias peluru kendali memang mengerikan, kekuatannya dapat menghancurkan gedung atau kapal. Tidak jauh beda dengan ‘Rudal’ yang ini, komplotan para pencuri spesialis kendaraan bermotor yang beraksi di wilayah Bandung Raya dan berhasil diciduk oleh Unit Reserse Kriminal Kepolisian Sektor Astana Anyar.

Kepala Kepolisian Resor Kota Besar Bandung, Komisaris Besar Sutarno, mengatakan, bahwa ketujuh tersangka ini, yakni JP, GA, TS, GG, DH, RI, dan GN ditangkap di tempat persembunyiannya. Sedangkan 2 orang lagi masih buron, yaitu AP dan SR.

“Awalnya kita berhasil menangkap salah seorang tersangka berinisial JP sebelum Ramadhan kemarin. Kemudian, kita melakukan pengembangan serta pendalaman sehingga berhasil ditangkap enam tersangka lainnya, namun kita masih terus melakukan penyelidikan karena dua orang masih buron,” ujar Sutarno yang didampingi Kepala Polsek Astana Anyar Komisaris Sutorih, di Mapolsek Astana Anyar, Selasa (23/7).

Seperti diungkap Sutarno, modus komplotan tersebut adalah dengan  menggunakan kunci astag dan juga letter T untuk membongkar paksa kunci kontak dengan target sepeda motor yang diparkir di indekos atau rumah kosong.

“Sebelumnya komplotan ini menandai kawasan atau targetnya dengan sebelumnya berkeliling menaiki angkot untuk mencari sasarannya. Mereka biasanya beraksi berdua dan setelah ada target langsung beraksi,” terangnya.

Sementara, JP alias Pupuy mengaku, jika dia dan komplotannya sudah beraksi sejak lama. Bahkan dirinya menerangkan dalam satu kali aksi, mereka bisa mendapat lebih dari dua kendaraan bermotor.

“Kalau lagi ramai bisa dua atau lebih. Tapi biasanya dapatnya satu tiap hari. Kita sasarannya kosan mahasiswa, seperti di daerah Coblong, Sumur Bandung, dan Rancasari,” ucapnya.

Selain mengamankan pelaku, polisi juga menyita 13 unit kendaraan roda dua dari berbagai merek yang merupakan hasil tindak kejahatan serta beberapa kunci astag dan letter T.

Akibat perbuatannya para tersangka terancam akan dijerat Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan yang ancaman maksimalnya 9 tahun penjara.‬ (VIL)

Komentar

komentar