Home » Bandung Raya » Jelang Nyoblos, Polisi Perketat Keamanan

Jelang Nyoblos, Polisi Perketat Keamanan

poskantor.com

poskantor.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Usainya masa kampanye calon wali kota dan wakil wali kota Bandung, Rabu (19/6) kemarin, membuat pihak Kepolisian Resor Kota Besar Bandung memperketat penjagaan dengan memokuskan pengamanan di Tempat Pemungutan Suara (TPS).

Kepala Bagian Operasional Polrestabes Bandung, Ajun Komisaris Besar Diki Budiman, mengatakan, pihaknya akan menurunkan sebanyak 1300 personel yang akan disebar di setiap TPS di Kota Bandung pada Jumat (21/6) mendatang.

“Dan nantinya kita akan dibantu oleh pihak TNI, Dishub (Dinas Perhubungan), juga Linmas,” ujar Diki saat ditemui di Mapolrestabes Bandung, Kamis (20/6).

Pola pengamanan sendiri, seperti diterangkan Diki, adalah dengan dua pola, yakni Pola 136. Di mana pola ini dipakai berdasarkan letak geografis dan bukan kerawanan, yaitu setiap satu anggota Polri mengamankan 3 TPS dibantu enam orang linmas dengan catatan TPS-nya sendiri berdekatan.

Ada pula pola kedua, yakni Pola 124, yang digunakan jika letak TPS-nya berjauhan, skemanya adalah penjagaan dilakukan satu polisi di dua TPS dibantu empat orang linmas.

“Ada cara bertindak dan sasaran tertentu, dan berdasarkan laporan dari intelijen ada kerawanan apa saja. Misalnya pengawalan logistik dari KPU (Komisi Pemilihan Umum) ke tiap TPS,” tambah Diki.

Disinggung situasi kamtibmas Kota Bandung, Diki menyebut, saat ini masih kondusif belum terjadi hal yang berdampak besar termasuk demo.

“Tingkat kriminalitas pun masih rendah, masih kondusif sampai sekarang. Namun kita tetap waspada apalagi menjelang pencoblosan yang terkenal rawan akan gesekan,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar