Home » Hukum » Usai Ngebobol, Hasil Curian Dibawa Pakai Becak

Usai Ngebobol, Hasil Curian Dibawa Pakai Becak

Pencurian (ILUSTRASI)

Pencurian (ILUSTRASI)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Jajaran Kepolisian Sektor Cibeunying Kidul menangkap komplotan pembobol rumah kosong pada Jumat (7/6). Mereka ditangkap oleh petugas patroli saat membawa barang curiannya dengan becak di Jalan Ahmad Yani.

Seperti dikatakan Kepala Polsek Cibeunying Kidul Komisaris Harli Herdiaman, pihaknya menaruh curiga pada becak yang membawa berbagai barang pada waktu subuh.

“Petugas kami bertanya dan setelah didesak, mereka mengaku kalau itu curian. Pelaku dan barang langsung kami amankan,” ujarnya saat ditemui di Mapolsek Cibeunying Kidul.

AR alias Ohang, AJ alias Asep Kadal, dan DK, yang sehari-hari mencari kayu bakar, nekat membobol rumah kosong dan mengambil barang-barang, seperti kipas angin, genset, televisi, radio, dan tiga pintu rumah senilai Rp 7 juta. AR mengaku, terpaksa melakukan hal itu karena terpepet kebutuhan hidup sehari-hari. Ia menyebut, penghasilan sebagai pencari kayu bakar tidak cukup untuk memenuhinya.

Untuk membobol rumah dinas PT Kereta Api Indonesia yang terletak Jalan Laswi No 11A itu, AR mengatakan, hanya membawa linggis. Usai memanjat tembok rumah, dirinya bersama DK langsung masuk ke pintu utama, sedangkan Asep menunggu di luar dengan becak yang sudah dipersiapkan. “Barang hasil curian langsung diangkut menggunakan becak dan akan dijual ke daerah Cicadas,” jelasnya.

Harli mengungkapkan, komplotan ini telah beberapa kali melakukan pencurian di rumah kosong. Walapun para tersangka menyatakan baru sekali melakukan aksi tersebut, namun pihaknya tidak mempercayainya dan masih melakukan pengejaran terhadap seorang penadah, UG.

“Kami terus dalami kasus ini karena mereka diduga sering membobol rumah kosong dan terlatih melakukan aksi pencurian,” tegas Harli.

Harli berharap agar jajarannya dalam melakukan patroli harus peka terhadap situasi dan kondisi di lapangan. Jika ada hal yang dicurigai patut direspon dengan cepat.

Atas perbuatannya ketiga pelaku terancam Pasal 363 KUHP tentang Pencurian dengan Pemberatan yang ancaman hukumannya lima tahun penjara. (VIL)

Komentar

komentar