Home » Hukum » Kalapas Sukamiskin Diganti, Dusak: Ini Untuk Penyegaran

Kalapas Sukamiskin Diganti, Dusak: Ini Untuk Penyegaran

kemenkumhamJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas IA Sukamiskin Bandung Endang Sudirman resmi menyerahkan jabatannya kepada Giri Purbadi pada Rabu (8/5).

Pelantikan Giri sebagai Kalapas Sukamiskin dilakukan di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat. Dalam acara pelantikan, Giri menandatangani naskah sumpah jabatan dan pakta integritas.

“Saya percaya pejabat yang baru dilantik ini akan melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya,” ujar  Kepala Kanwil Kemenkumham Jabar, I Wayan Kusmiantha Dusak, saat memberikan amanat dalam pelantikan tersebut.

Giri sendiri sebelumnya adalah Kalapas Klas I Madiun. Sedangkan, Endang yang baru menjabat Kalapas Sukamiskin selama 4 bulan, kini menduduki posisi baru sebagai Kepala Divisi Pemasyarakatan di Kanwil Kemenkumham Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Ini sudah program lama, struktur organisasi kita dinamikanya cepat, apalagi untuk tempat tertentu tidak boleh lama-lama nanti bisa terkontaminasi,” jelas Dusak, terkait penggantian yang terbilang cepat itu.

Menurutnya, meski Lapas Sukamiskin diposisikan sebagai lapas koruptor, pergantian bukan semata itu saja, tapi banyak faktor lain. Apalagi, tambahnya, bila seseorang terlalu lama berada di posisi penting, akan mudah terkontaminasi.

“Tidak hanya masalah koruptor saja yang bisa menimbulkan penyimpangan. Tidak hanya di Sukamiskin saja, tapi juga di tempat-tempat lain juga bisa terjadi. Ini (Kalapas baru) juga nanti ga akan lama-lama,” tepisnya.

Dusak juga membantah, mutasi ini dilakukan terkait adanya kabar bahwa Kalapas Sukamiskin sebelumnya memiliki rumah yang dibeli dari terpidana mafia pajak Gayus Tambunan serta terkait dengan tersangka suap hakim Toto Hutagalung. Disebutnya, pergantian ini untuk penyegaran di lembaga mereka.

Ga ada hubungannya. Ini kan harus sudah regenerasi. Apalagi banyak pegawai kita yang juga akan pensiun,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar