Home » Bandung Raya » Empat Sungai di Bandung Rawan Ambrol

Empat Sungai di Bandung Rawan Ambrol

KirmirJABARTODAY.COM – BANDUNG

Dalam laporan yang masuk ke Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung tercatat adanya kirmir di empat sungai yang rawan ambrol, yakni sekitaran Sungai Citepus, Sungai Cikapundung, sungai yang ada di Jalan Suryalaya, dan sungai di kawasan Panyileukan. Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Pembinaan dan Pemeliharaan Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung Sihar Pandapotan.

Sihar menuturkan, pihaknya telah mengantisipasi hal tersebut dengan memasang bronjong di kirmir yang rusak agar tidak semakin parah dan ada tanggap darurat. “Kondisi kirmir tidak dapat diperkirakan. Karena hal tersebut dipengaruhi oleh benturan air tiap-tiap sungai. Kalau kualitas air dan benturannya cukup banyak, usia muda kirmir pun bisa ambrol,” sahut Sihar saat ditemui di Balai Kota Bandung, Kamis (28/11).

Lebih lanjut, Sihar menjelaskan, kirmir yang berbahaya tidak dapat diukur oleh panjang atau tingginya pecahan. Dikarenakan hal tersebut berkaitan dengan tempat tinggal masyarakat. “Kalau dekat dengan masyarakat kita utamakan meskipun hanya 3 meter saja. Kalau 10 meter tapi lokasinya jauh kita lakukan pencegahan juga tapi tidak sefokus yang dekat dengan masyarakat,” tutupnya. (VIL)

Komentar

komentar