Home » Bandung Raya » Pemkot Bandung Tetapkan UMK Rp 2 Juta

Pemkot Bandung Tetapkan UMK Rp 2 Juta

aksi buruhJABARTODAY.COM – BANDUNG

Pemerintah Kota Bandung merevisi Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) dari Rp 1.923.157 menjadi Rp 2 juta. Penetapan itu dilakukan usai desakan buruh yang menginginkan UMK sebesar Rp 2,7 juta.

“Setelah melalui pertemuan yang cukup alot kemarin malam hingga pukul 23.00, akhirnya Wali Kota menetapkan UMK menjadi Rp 2 juta, tidak kurang tidak lebih,” ujar Ajat Sudrajat dari Serikat Buruh Seluruh Indonesia, Kamis (21/11).

 

Menurut dia, UMK Rp 2 juta cukup diterima oleh seluruh elemen buruh yang ada di Kota Bandung. Artinya, Wali Kota Bandung sudah mengikuti dasar pengupahan dimana kebutuhan sekarang serba tinggi. “Yang penting sekarang (UMK) sudah menginjak kepala 2, kita kemarin mengepung itu agar tidak di Rp 1,9 juta saja, kalau sekarang sudah menerima,” ucapnya.

Dia menambahkan, rekomendasi UMK yang sudah direvisi tersebut sudah ditandatangani dan diserahkan kepada Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan. “Jadi tadi pukul 09.00 sudah diserahkan Pemkot, kita mengawal untuk memastikan, bahwa apa yang diserahkan itu merupakan revisi,” paparnya.

 

Sebelumnya, Pemkot Bandung menetapkan UMK 2014 sebesar Rp 1.923.157. Jumlah tersebut naik dari UMK 2013 sebesar Rp 400 ribu. Kenaikan itu juga di atas Kebutuhan Hidup Layak (KHL) Kota Bandung, yakni Rp 1,8 juta. (VIL)

Komentar

komentar