Home » Bandung Raya » Jalan Rusak, Pemkot Bandung Digugat Warga

Jalan Rusak, Pemkot Bandung Digugat Warga

jalan bututJABARTODAY.COM – BANDUNG

Pemerintah Kota Bandung resmi digugat oleh TAMPAR (Tim Advokasi Masyarakat Pengawal dan Pemulihan Hak Warga) Kota Bandung pada Selasa (25/6). Gugatan itu terkait infrastruktur jalan buruk di Kota Bandung yang juga telah menimbulkan beberapa korban jiwa.

Gugatan Perbuatan Melawan Hukum itu resmi tercatat di Pengadilan Negeri Bandung dengan nomor 299/PDT/G/2013/PN.BDG. Selain Pemkot Bandung, turut digugat juga Dinas Bina Marga dan Pengairan Kota Bandung, DPRD Kota Bandung, Pemerintah Provinsi Jawa Barat, dan Dinas Pekerjaan Umum Jabar.

Menurut Destri Tsurayya Istiqamah dari bagian Advokasi Lembaga Bantuan Hukum Kota Bandung, pihaknya ingin mendorong warga Bandung mengajukan haknya, khususnya dalam infrastruktur.

“Ada 20 orang yang mengadu dari 6 posko yang kita sediakan untuk membantu men-sounding kepada masyarakat menggugat hak mereka,” ujar Destri saat ditemui usai mendaftarkan gugatan di PN Bandung, Selasa siang.

Dirinya telah menyiapkan alat bukti, seperti undang-undang tentang pelayanan publik dan hak asasi manusia, juga UU tentang jalan, yang di dalamnya diatur siapa-siapa saja yang bertanggungjawab. Destri menyebut, gugatan yang dilakukan pihaknya tidak biasa, karena tidak menuntut ganti rugi materiil.

“Kita mendorong adanya kebijakan untuk setidaknya perbaikan dan pemeliharaan jalan diatur secara sistemik, kebijakan yang ada di dalamnya terdapat sanksi, alokasi APBD akibat adanya korban karena jalan rusak,” terang wanita berkerudung itu.

Destri menyatakan, pihak pelapor tidak mesti korban, namun selama mereka dirugikan oleh perbuatan melawan hukum para tergugat, akan diterima pihaknya. (VIL)

Komentar

komentar