Home » Headline » Buruh Tuntut Aher Turun dari Gedung Sate

Buruh Tuntut Aher Turun dari Gedung Sate

Massa buruh dari KASBI melakukan aksi menolak kenaikan harga BBM bersubsidi yang dinilai memberatkan rakyat di depan gedung DPRD Jawa Barat, Rabu (1/5). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

Massa buruh dari KASBI melakukan aksi menolak kenaikan harga BBM bersubsidi yang dinilai memberatkan rakyat di depan gedung DPRD Jawa Barat, Rabu (1/5). (JABARTODAY/AVILA DWIPUTRA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Hari Buruh Internasional alias May Day seperti biasa diperingati oleh para buruh dengan melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Sate pada Rabu (1/5). Ribuan buruh dari berbagai organisasi, seperti Serikat Pekerja Seluruh Indonesia, Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia, Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia, maupun Konfederasi Aliansi Buruh Seluruh Indonesia, menyuarakan keinginan mereka.

Para buruh satu suara, yakni meminta Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan keluar dan turun dari Gedung Sate, karena tidak memenuhi janjinya dalam menyediakan 2 juta lapangan kerja. Bila dituruti, KASBI pada khususnya, akan mengerahkan massa lebih banyak lagi saat pelantikan Aher dan Deddy Mizwar pada Juni 2013 mendatang.

Harus diakui, demo yang dilakukan buruh kali ini tidak seramai biasanya, tahun lalu sekitar 3000 buruh turun ke jalan, sedangkan kali ini hanya sekitar 1000 orang. Meski begitu, para pekerja kasar tersebut melakukan banyak aksi dan dandanan unik. Seperti yang dilakukan KASBI, massa menggunakan baju merah dan helm kuning layaknya pekerja bangunan. Ada juga yang membawa anjing jenis Pitbull.

Tuntutan buruh sendiri tetap sama, yakni menghapus sistem kerja outsourcing, menaikkan upah minimum, menolak iuran 2% untuk BPJS, meminta 1 Mei dijadikan libur nasional, serta menolak keras kenaikan harga bahan bakar minyak bersubsidi.

Massa langsung membubarkan diri sekitar pukul 13.15 dengan kecewa, karena tidak ada pihak pemerintah ataupun dewan yang menemui mereka. (VIL)

Komentar

komentar