Home » Bandung Raya » Libur Panjang, PT KAI Tambah Gerbong

Libur Panjang, PT KAI Tambah Gerbong

simply-san-juan.com

simply-san-juan.com

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Pada momen tertentu, kerap terjadi peningkatan volume penumpang kendaraan. Hal itu pun terjadi pada long weekend Tahun Baru Imlek 2014. Buktinya, tingkat okupansi kereta api dari Bandung menuju barat dan timur, mengalami peningkatan signifikan.

Kepala Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasional II Bandung Zunerfin membenarkan hal tersebut. Kenaikan, dikatakannya, cukup signifikan, sekitar 30-40 persen. 

Pada kondisi normal, diutarakan Zunerfin, rata-rata okupansi, baik rute barat, yaitu Argo Parahyangan, maupun timur, sekitar 70 persen. Pada saat momen libur panjang kali ini, ia mengklaim, okupansinya mencapai 100 persen. “Bahkan, ada pula yang mencapai 110 persen,” ucapnya, saat dihubungi di Bandung, Minggu (2/2/2014).

 

Melihat kondisi tersebut membuat pihaknya melakukan penambahan gerbong. Rata-rata, kata Zunerfin, penambahannya 1-2 gerbong setiap rangkaiannya. “Penambahan itu kami lakukan pada KA Argo Parahyangan dan KA Turangga,” tuturnya.

 

Mantan Kepala Humas Daop III Cirebon ini meneruskan, kenaikan volume penumpang itu tidak hanya pada KA komersil arah timur, seperti KA Harina (Bandung-Surabaya), Malabar (Bandung-Malang), Mutiara Selatan (Bandung-Surabaya), dan Lodaya Pagi-Malam (Bandung-Yogyakarta). Pun pada kelas ekonomi, yang pemberangkatannya dari Stasiun Kiaracondong, seperti KA Kutojaya Selatan,  Kahuripan, dan Pasundan.

 

Mengenai sistem pengamanan berkenaan dengan kondisi cuaca, Zunerfin menyatakan, pihaknya tetap melakukan pengawasan titik-titik rawan pergerakan tanah. Titik-titik itu, ungkap dia, tersebar pada rute barat dan timur. Untuk rute barat, antara lain di kawasan Padalarang, Ciganea, dan beberapa lainnya. Sedangkan wilayah timur, antara lain di kawasan Tasikmalaya. “Kami pun menyiagakan tim siaga 24 jam, termasuk flying gang,” tutup Zunerfin. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.