Home » Ekonomi » OJK Awasi Uji Kelayakan Direksi Perbankan

OJK Awasi Uji Kelayakan Direksi Perbankan

OJKJABARTODAY.COM – BANDUNG
Sejak 31 Desember 2013, kinerja perbankan, secara resmi, beralih, yang semula dilakukan Bank Indonesia, kini oleh Otoritas Jasa Keuangan. Pengawasan itu meliputi kinerja mikro perbankan, termasuk jasa keuangan non-perbankan.
 
“Pengalihan pengawasan yang semula dilakukan BI kini oleh OJK tidak menghambat kinerja perbankan,” ujar Anggota Dewan Komisioner OJK, Ilya Avianti, pada Peresmian Kantor OJK Regional 2 Jabar di Kantor BI Perwakilan VI Jabar-Banten, Senin (6/1/2014).
 
Ilya menjelaskan, kinerja perbankan tidak akan terhambat seiring dengan adanya pengalihan tersebut, dikarenakan persiapan yang matang. Persiapan itu, lanjut dia, berlangsung sejak awal 2013. “Juga, tidak ada perubahan mendasar. Jadi, seluruh aktivitas dapat tetap berlangsung normal,” kata Ilya.
 
Pengawasan itu pun, sambungnya, juga termasuk soal perizinan. Selain itu, masalah tes kelayakan jajaran direksi perbankan pun tetap seperti semula. “Tidak ada yang menjadi kendala. Soal fit and proper test, kini, kami yang melakukan pengawasan,” tukasnya.
 
Gubernur Jabar Ahmad Heryawan mengatakan, pihaknya mengharapkan adanya kinerja perbankan. Tidak itu saja, sebaiknya perbankan pun lebih mempermudah mempermudah skema pembiayaan. Utamanya, lanjut dia, bagi debitur skala kecil dan mikro. “Hal itu dapat mendorong tumbuhnya ekonomi secara lebih baik,” ucap Heryawan.
 
Dia berpendapat, Indonesia termasuk negara tersulit untuk meminjamkan uang kepada rakyatnya. Menurutnya, jika berdasarkan ranking, Indonesia masih setara dengan negara-negara Afrika. Hal itu, sambung dia, tidak berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi. “Debitur skala mikro dan kecil tetap sulit berkembang,” ucap dia.
 
Menyinggung kehadiran OJK, Heryawan menyimpan asa agar edukasi dan perlindungan konsumen menjadi lebih rinci. Pada akhirnya, imbuhnya, pengetahuan dan edukasi masyarakat, utamanya, berkenaan dengan sistem keuangan, makin berkembang.  (VIL)

Komentar

komentar