Home » Ekonomi » Potensi Besar, Telkom Kembangkan Jaringan Internet di Cirebon

Potensi Besar, Telkom Kembangkan Jaringan Internet di Cirebon

wifi_idJABARTODAY.COM – BANDUNG

Pengembangan jaringan untuk mendukung program Indonesia Digital Network (IDN) WiFi terus dilakukan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. Di Jawa Barat, sejumlah titik pengembangan menjadi fokus lembaga Badan Usaha Milik Negara yang bergerak pada sektor telekomunikasi itu. Satu diantaranya, adalah Jabar bagian Timur, yaitu Wilayah Cirebon, yang mencakup Kota-Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Kuningan, dan Kabupaten Majalengka.

Cirebon adalah wilayah yang berpotensi besar pada sektor perdagangan. Karenanya, agar mendukung sistem perdagangan di wilayah ini lancar, kami melakukan upaya, yaitu mengembangkan jaringan internet di wilayah tersebut,” ujar Communication Manager Telkom Jabar, Asep Tatang, Jumat (13/12).

Agar program IDN di Jabar berlangsung lancar, termasuk wilayah Cirebon, pihaknya terus membangun access point (AP) Telkom. Di Jabar, sebut Asep, sejauh ini, AP mencapai 7.680 unit AP. Ribuan AP itu tersebar di berbagai titik. Antara lain, areal perkantoran, pertokoan, hotel, kafe, taman-taman, kampus-kampus, termasuk sekolah-sekolah melalui program IndiSchool.“Khusus di Cirebon, jumlah AP sudah mencapai 1.400 AP,” sahutnya.

Menurutnya, hal tersebut dapat memudahkan masyarakat, khususnya, di wilayah Cirebon, untuk mengakses internet publik kota Wali.

Manager Wireless Broadband PT Telkom Cirebon, Wahyu Setiyo Utomo, menambahkan, pihaknya terus berusaha mengembangkan AP. Proyeksinya, pada 2014, di wilayah kerjanya, terbangun 2.000 AP. “Artinya, tahun depan, harapan kami, jumlah AP mencapai 3.400 AP,” sahutnya.

Di wilayah kerjanya, pembangunan AP terdapat pada sejumlah lokasi strategis. Bahkan, pihaknya menjalin kerjasama dengan 12 pengembang perumahan dan perbankan. Kerjasama itu, jelasnya, dalam bentuk penyediaan jaringan bagi rumah-rumah baru yang dikembangkan 12 developer tersebut. Sedangkan mengenai IndiSchool, di Kota Cirebon, jelasnya, sekitar 90 persen lebih sudah tersambung jaringan internet.

Bagi PT Telkom, ujarnya, hal itu secara tidak langsung dapat mendongkrak jumlah pelanggan internet. Selama ini, jumlah pelanggan speedy di Cirebon, ungkapnya, mencapai sekitar 42 ribu pelanggan. “Kami terus berusaha meningkatkannya setiap tahun,” tutup Wahyu. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.