Home » Ekonomi » Jabar Harus Jaga Ketersediaan Pangan

Jabar Harus Jaga Ketersediaan Pangan

Wagub Jabar Deddy Mizwar

Wagub Jabar Deddy Mizwar

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengklaim ketersediaan komoditas pangan di Jabar terbilang mencukupi bahkan cenderung surplus, seperti beras, daging ayam, domba, kambing, dan sayuran.

Namun demikian, ia meminta, Jabar tidak boleh lengah dan harus terus berupaya menjaga ketersediaan pangan. Terdapat dua faktor yang perlu diperhatikan demi menjaga stabilitas pangan, yakni dari sisi suplai dan distribusi. “Pemerintah provinsi  juga ikut berupaya menjaga ketersediaan pangan melalui perbaikan infrastruktur agar distribusi semakin lancar,” ujarnya di Bandung, Senin (11/11).

Mizwar melihat, stabilisasi harga sangat penting dilakukan untuk menjaga daya beli masyarakat. Kondisi itu bisa tercipta salah satunya melalui ketersediaan informasi harga komoditas. Dan ketersediaan itu diwujudkan melalui Portal Informasi Harga Pangan (Priangan) yang diluncurkan oleh Forum Koordinasi Pengendali Inflasi Jabar dan beralamat di www.priangan.org.

Dia menilai Priangan akan menjadi jembatan informasi bagi petani dan masyarakat luas. Akses yang dimiliki terbilang cepat, mudah, dan bisa dilakukan kapan serta dimana saja.

Meski begitu, pemeran film Nagabonar tersebut memberi kritikan karena Priangan belum mencantumkan harga daging domba dan kambing. Padahal dua komoditi itu terbilang berlimpah dengan jumlah 8,9 juta ekor domba dan 1,9 juta ekor kambing.

“Priangan akan menjadi jendela informasi sehingga perlu mencantumkan harga daging domba supaya masyarakat mau beralih dari daging sapi ke daging domba karena harganya lebih terjangkau,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar