Home » Ekonomi » Jamsostek Ingin Sentuh Sektor Informal

Jamsostek Ingin Sentuh Sektor Informal

jamsostekJABARTODAY.COM – BOGOR

Ada 18 juta tenaga kerja di Jawa Barat, hanya saja yang betul-betul bekerja ada 12 juta orang, sedangkan sisanya yang sebesar 6 juta pengangguran, baik murni maupun terbuka. Meski begitu yang terlindungi oleh Jamsostek, baru sekitar 2,8 juta tenaga kerja.

“Ditambah oleh Polri dan TNI jumlahnya sekitar 5,8 juta tenaga kerja,” ujar Kepala Kantor Wilayah Jawa Barat PT Jamsostek (Persero), Teguh Purwanto, dalam Pers Gathering di Bogor, Sabtu (2/11).

Banyak yang tidak terkover oleh Jamsostek bukan tanpa sebab, dikarenakan banyak perusahaan yang berpusat di Jakarta, walaupun kantor berada di wilayah Jabar. Maka itu, lanjut Teguh, banyak pegawai yang terdaftar di Jakarta, meski kantornya di daerah Jabar, seperti Bekasi ataupun Depok. “Ada sekitar 2,2 juta orang Jawa Barat yang bekerja di Jakarta,” tukas Teguh.

Menurut Teguh, peningkatan tenaga kerja yang dilindungi Jamsostek relatif mengalami peningkatan, apalagi secara nasional. Namun begitu, Teguh menyebut, pihaknya sangat ingin menyentuh sektor informal, dikarenakan masih banyak 6 juta pekerja di sektor tersebut. (VIL)

Komentar

komentar