Home » Ekonomi » Bogor Paling Rendah Dalam Penyerapan Raskin

Bogor Paling Rendah Dalam Penyerapan Raskin

Gudang Beras Bulog (NET)

Gudang Beras Bulog (NET)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Untuk memenuhi kebutuhan pangan kalangan masyarakat menengah-bawah, pemerintah bersama Perum Bulog, selama bertahun-tahun menggulirkan program beras bagi rakyat miskin (raskin). Pada tahun ini, di Jawa Barat, Bulog Divisi Regional Jabar terus berupaya meningkatkan penyerapan komoditi tesebut.

Kepala Bulog Divre Jabar, Usep Karyana, mengemukakan, rata-rata penyerapan raskin sejak Januari sampai awal Oktober tahun ini tergolong tinggi. “Persentase penyerapannya 87 persen. Sedangkan pagu penyerapannya sebanyak 470 ribu ton,” ujar Usep, Selasa (8/10).

Dikatakan Usep, secara umum, penyaluran komoditi itu di Tatar Pasundan tidak ada kendala. Meski begitu di beberapa daerah masih terjadi masalah pembayaran. Namun, tambahnya, perbandingan antara yang terkendala pembayaran dan yang tidak, kecil. “Sebagian daerah melakukan pembayaran melalui beberapa cara. Diantaranya, bertahap. Hal itu dapat menekan macetnya pembayaran,” kata Usep.

Usep menyatakan, sejumlah daerah memang mengalokasikan dana penyaluran raskin hingga level pemerintah desa. Bahkan ada pula daerah-daerah yang menggratiskan program raskin tersebut. “Antara lain, Kota Bandung dan Kota Banjar,” sebutnya.

Mengenai ada tidaknya daerah yang tingkat penyerapan raskinnya rendah, Usep mengakuinya. Adalah wilayah Bogor yang mengalaminya. Usep mengungkap, wilayah Bogor merupakan daerah yang penyerapan raskinnya paling rendah. Karenanya, Bulog bersama Badan Pemerintahan dan Pembangunan atau dulu bernama Badan Koordinasi Wilayah Bogor melakukan pertemuan. “Kita akan membahas masalah tersebut,” ucapnya.

Sejauh ini, seperti diutarakan Usep, tingkat penyerapan raskin di wilayah Bogor sebesar 60%. Angka itu lebih rendah daripada daerah lain di Jabar. Padahal, tukas Usep, raskin sangat penting, tidak hanya membantu rumah tangga sasaran (RTS), tetapi juga menekan inflasi. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.