Home » Ekonomi » BLSM Tahap II Capai Rp 1,8 M

BLSM Tahap II Capai Rp 1,8 M

BLSMJABARTODAY.COM – BANDUNG

Untuk membantu meringankan beban masyarakat pasca kenaikan bahan bakar minyak bersubsidi, pemerintah menggulirkan program Bantuan Langsung Sementara Masyarakat. Pada Senin (2/9), PT Pos Indonesia, secara resmi menyalurkan BLSM tahap II.

Kepala Kantor Pos Bandung, Budi Prakoso, mengatakan, pada tahap II dana BLSM itu peruntukannya bagi 62.616 rumah tangga sasaran (RTS). “Mereka berada di 24 kecamatan dan 143 kelurahan Kota Bandung,” ujar Budi.

Ia menyebut, penyaluran tahap II ini adalah untuk September-Oktober 2013. Uang BLSM yang dibagikan sendiri adalah Rp 300 ribu/orang, sehingga total yang dibagikan di wilayah kerjanya mencapai Rp 1,8 miliar.

Budi menyatakan, para penerima dapat mengambil haknya setiap jam kerja Kantor Pos Besar Bandung, Jalan Asia Afrika. Pihaknya, imbuh dia, memberi kesempatan bagi setiap penerima untuk mengambil BLSM hingga awal Desember tahun ini.

Jika perbandingannya dengan tahap awal. Menurutnya, kali ini, penyalurannya lebih lancar. Pasalnya, jelas Budi, para penerima BLSM lebih memahaminya. “Antrean juga jauh berbeda dengan tahap I, yang cukup memanjang,” ucapnya.

Pembagian BLSM yang dulu bernama Bantuan Langsung Tunai menimbulkan pro dan kontra di masyarakat. Seperti diutarakan Iwan, kalau BLSM adalah program yang kurang tepat sasaran dan kurang efektif.  Iwan menilai, kurang tepat sasarannya BLSM terlihat pada banyak tetangganya, yang menurutnya secara kondisi ekonominya tergolong kalangan mampu, ternyata, memperoleh BLSM. “Sebaliknya, ada juga tetangga saya yang benar-benar membutuhkan, kenyataannya tidak masuk daftar penerima BLSM,” timpalnya. (ERA)

Komentar

komentar