Home » Ekonomi » Jamsostek Akan Tambah Jumlah Peserta

Jamsostek Akan Tambah Jumlah Peserta

JABARTODAY.COM – BANDUNG PT Jamsostek (persero) Kantor Wilayah IV Jawa Barat-Banten menambah target kepesertaan sebesar 10 hingga 15% setelah menambah 5 kantor cabang baru di Cianjur, Indramayu, Garut, Subang, dan Lippo Cikarang Bekasi.

Kantor cabang di Subang akan diresmikan Selasa (2/7), dan yang di Lippo Cikarang segera menyusul. Sementara lainnya sudah resmi beroperasi sejak akhir Juni 2013.

“Dengan lima cabang baru artinya penetrasi peningkatan jumlah kepesertaan dapat lebih gencar dilakukan, sehingga secara internal saya meminta ada revisi target atas jumlah kepesertaan sebesar 10 persen, maksimal 15 persen,” tegas Senior Vice Presiden PT Jamsostek Kanwil Jabar-Banten, Teguh Purwanto, Senin (1/7).

Teguh menyebutkan, target kepesertaan perusahaan tahun ini di wilayah Jabar sebesar 3.667 dengan jumlah tenaga kerja sebanyak 1.228.393. Hingga Mei lalu, jumlah perusahaan yang sudah masuk mencapai 1.273, sementara tenaga kerja yang masuk menjadi peserta sebanyak 308.503.

Saat ini, tercatat total perusahaan yang sudah menjadi peserta mencapai 28.456 dengan total pekerja mencapai 6,7 juta lebih. Namun yang aktif hanya sebanyak 2 juta pekerja dari 19.040 perusahaan.

Berdasarkan data, pencairan klaim sejak awal tahun hingga Mei 2013 mencapai Rp 978,59 miliar, dan yang terbesar untuk Jaminan Hari Tua  sebanyak Rp 750 miliar. Dan yang kedua diberikan kepada peserta terkait pelayanan kesehatan, yakni mencapai Rp 153 miliar.

Ditambahkan Teguh, potensi kepesertaan Jamsostek di Jabar masih belum maksimal digarap. Ia berharap dengan penambahan kantor cabang pembantu, dapat meningkatkan pelayanan.

“Kantor cabang pembantu yang diresmikan memiliki potensi besar. Saya yakin dalam satu tahun dapat naik kelas menjadi kantor cabang, paling lambat dua tahun sudah bisa,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar