Home » Ekonomi » Harga Jengkol Melebihi Daging Ayam

Harga Jengkol Melebihi Daging Ayam

jengkolJABARTODAY.COM – GARUT

Sayuran yang memiliki aroma khas, jengkol, dikabarkan harganya sempat mengagetkan konsumennya. Seperti di beberapa pasar tradisional di Kabupaten Garut, harga jengkol perkilonya naik secara signifikan mencapai hingga Rp 32 ribu.  Dibandingkan daging ayam, harga jengkol unggul beberapa digit yang hanya Rp 26 ribu perkilonya.

Salah seorang pedagang sayuran di Pasar Ciawitali Garut, Tatang, mengatakan, sejak sebulan terakhir harga jengkol terus mengalami kenaikan yang cukup signifikan, dari harga biasanya yang hanya Rp 5.000 perkilonya.

Keur mah pangaosna awis, hese deui,” keluh Tatang, saat ditemui, Kamis (30/5).

Para pedagang yang biasa menyediakan jengkol kini kewalahan karena banyak pelanggan yang kecewa pesanan jengkolnya tak terpenuhi. “Terutama para pemilik rumah makan, sudah pesan sejak beberapa hari lalu hingga saat ini belum terpenuhi,” imbuhnya.

Tatang mengaku tidak mengerti mengapa jengkol raib di pasaran, yang ia ketahui hanyalah pasokan jengkol dari daerah Sumatera dan Jawa Tengah sangat sedikit.

Hal senada disampaikan Dede (45),  bahwa sejak sebulan ini banyak yang menanyakan jengkol, namun ketersediaan jengkol di Pasar Ciawitali nyaris kosong.

“Ya, banyak tetangga saya yang titip pesan jengkol, eh jengkolnya susah dicari, terus harganya jadi mahal, lebih mahal dari daging ayam,” ucapnya sambil menggaruk-garuk kepala. (VIL)

Komentar

komentar