ojk
Home » Ekonomi » HUT Ke-66, PT KAI Luncurkan Logo Baru

HUT Ke-66, PT KAI Luncurkan Logo Baru

Direktur Utama PT KAI (Persero), Ignasius Jonan: "Keselamatan adalah segala-galanya" (JABARTODAY.COM/FAHRUS ZAMAN FADHLY)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Memperingati HUT Kereta Api ke-66, PT. Kereta  Api Indonesia (Persero) meluncurkan logo baru. Dengan logo baru itu diharapkan ada perubahan yang signifikan dalam nilai dan budaya insan perkeretaapian dalam melayani masyarakat.

“Keselamatan adalah segala-galanya. Setelah itu kenyamanan para pengguna jasa kereta api. Keduanya dibangun atas integritas yang kuat. Karena itu, dengan logo baru sebagai brand PT. KAI,  bukan sekedar mengganti logo yang lama namun yang lebih utama adalah perubahan nilai dan perilaku insan PT. KAI dalam meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat,” ujar Direktur Utama PT. KAI, Ignasius Jonan dalam sambutannya pada HUT Kereta Api ke-66 di Kantor Pusat PT KAI Jl. Perintis Kemerdekaan No. 1 Bandung, Rabu (28/9).

Ignasius menegaskan, keselamatan adalah hal utama yang disertai kenyamanan. Karena itu, pihaknya terus berupaya menghadirkan pelayanan prima kepada semua pengguna jasa kereta api dengan terus berinovasi.

“Kami terus melakukan inovasi dengan membangun sinergi dengan semua pihak dan dimulai dari hal yang paling kecil dan sederhana sehingga dapat melesat,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Direktur Komersial PT. KAI, Sulistyo Wimbo Hardjito mengatakan, PT KAI telah lama mengabdi dan melayani masyarakat sejak sebelum negeri ini meraih kemerdekaannya.  Karena itu, potret pelayanan dalam sejarah panjang perkeretaapian Indonesia akan menjadi tonggak semangat untuk melakukan perubahan dan percepatan transformasi menuju pelayanan prima.

“Dengan logo baru itu diharapkan bisa menumbuhkan hubungan emosional yang mendalam antara brand dan konsumen, sehingga tercipta hubungan timbal balik antara penyedia jasa dan pengguna jasa kereta api,” ujar Sulistyo.

Aksi teatrikal mengusung miniatur kereta api mewarnai prosesi HUT PT KAI ke-66 (JABARTODAY.COM/FAHRUS ZAMAN FADHLY)

Peringatan HUT Kereta Api ke-66 dihadiri oleh jajaran Kementerian Negara BUMN dan Kementerian Perhubungan serta para tamu undangan. Pada saat itu juga dilakukan penyerahan logo baru oleh Deputi Meneg BUMN Bidang Infrastruktur dan Logistik, Sumaryanto Widayatin kepada Direktur Utama PT KAI, Ignasius Jonan menandai diresmikannya logo dan lagu baru sebagai Corporate Identity PT. KAI.

Corporate Culture Advisor PT KAI, Wiwin Winardi mengungkapkan pencipta logo baru PT KAI itu adalah Farid Stevy Asta, seorang design grafis asal Yogyakarta. Farid memenangkan lomba kreasi logo PT KAI  dan mendapat hadiah sebesar Rp. 200 juta.

“Ia menyisihkan 3800an karya logo yang masuk ke panitia. Sementara lagu mars PT KAI yang baru diciptakan oleh Eka Gustiwana, seorang musisi asal Jakarta.  Eka adalah pemenang lomba cipta lagu mars PT KAI dan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 100 juta. Lagu “Kereta Api” karya Eka menyisihkan 280 karya lagu lainnya,” ujar Wiwin.

Farid Stevy Asta, design grafis asal Yogyakarta memenangi lomba kreasi logo PT KAI (JABARTODAY.COM/FAHRUS ZAMAN FADHLY)

Selain branding logo baru, pada HUT PT KAI ke-66 ini, juga dilakukan sejumlah kegiatan antara lain: penyerahan penghargaan internal kepada 10 orang pegawai teladan, 5 orang perwakilan pegawai aktif dengan masa pengabdian 10-30 th, 82 orang pensiunan, 7 orang siswa utama dan pendonor darah aktif. Pada saat yang sama juga ada prosesi penyerahan sertifikasi ISO 9001 untuk 22 Dipo Lokomotif dan Kereta dari Managing Director PT. ISA GLOBAL kepada Direktur Teknik PT. KAI disaksikan oleh Ketua dan Sekretaris Utama LIPI. Penyematan atribut seragam baru.Penyerahan penghargaan kepada penulis terbaik di media internal dan media eksternal sebanyak 6 orang, pemberian hadiah kepada pemenang lomba logo dan lagu PT. KAI dan penandatanganan 2 perjanjian kerjasama, antara PT. KAI dengan PT. Telkom dibidang SDM dan IT, dan antara PT. KAI dengan PT. BNI 46 dibidang sistem ticketing.

Arti Logo

Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT KAI dalam mencapai Visi dan Misinya. Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima. Sementara Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke stakeholders. Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.

“Mulai 28 September 2011, secara resmi PT. KAI menggunakan logo baru, logo tersebut secara bertahap akan digunakan untuk mengganti logo yang lama, begitu juga yang akan ditampilkan pada desain website baru PT. KAI di http://www.kereta-api.co.id serta penggunaan logo baru dalam semua dokumen perusahaan”, ujar VP Public Relations PT. KAI, Sugeng Priyono. (Fahrus Zaman Fadhly)


Komentar

komentar