Home » Bandung Raya » Banyak Mata Air Berubah Fungsi

Banyak Mata Air Berubah Fungsi

Pemerintah Kota Bandung

Pemerintah Kota Bandung

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Dari 400 sumber mata air yang berada di Kota Bandung, baru 22 mata air yang digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat untuk keperluan sehari-hari, itu pun dimiliki oleh perseorangan.

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil menilai rata-rata mata air di Kota Bandung sudah berubah fungsi seperti digunakan di perumahan. Hal itu terjadi pada Situ Aksan. “Yang ada dipelihara, yang hilang dicari. Kalau yang lain, datanya belum jelas. Ada yang pribadi, tetapi nggak mau dilepas. Kita lobi secara kewilayahan agar mau dilepas untuk kepentingan publik,” ujarnya di Bandung, Selasa (25/3/2014).

Oleh karena itu, Pemerintah Kota Bandung melantik 15 orang dari berbagai kecamatan yang bertugas untuk menemukan dan memelihara mata air yang selama ini kurang diperhatikan yang nantinya dapat dimanfaatkan masyarakat luas.

“Kondisi sekarang akibat karena alih fungsi lahan di Kawasan Bandung Utara (KBU). Kawasan yang harusnya menjadi resapan air berubah fungsi karena diperkeras. Kita tidak punya pilihan lain, kecuali mengendalikan pemanfaatan lahan yang tidak sesuai itu,” tegas Emil, sapaan akrab Wali Kota. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.