Transparansi Pra Syarat Pemerintahan Bersih

PEMKOTJABARTODAY.COM РBANDUNG Transparansi, akuntabilitas, dan kepercayaan publik adalah rumus utama dalam memastikan efektivitas program pembangunan. Dimana transparansi dan akuntabilitas pemerintah menjadi pra-syarat utama dalam strategi pembangunan dan tata kelola pemerintahan. Hal itu dikatakan Direktur Aparatur Negara Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Siliwati, saat bertemu Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto, dalam kunjungan kerja di Pemkot Bandung, guna  membahas Open Government Indonesia (OGI), di Bandung Command Center, Jumat (25/11).

Siliwati menegaskan, kehadirannya di Bandung, juga ingin memastikan Pemerintah Kota Bandung, siap¬† melakukan OGI. “Jika sudah siap dan bisa melaksanakannya, Kota Bandung akan jadi percontohan di seluruh indonesia,” jelas Siliwati.

Siliwati menambahkan, dengan didukung penerapan sistem teknologi informasi, pemerintahan transparan dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat, sekaligus mengevaluasi kinerja pemerintah.

Sementara, Sekretaris Daerah Kota Bandung Yossi Irianto menyatakan, dalam mewujudkan pemerintahan kota Bandung yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya, salah satu langkah yang diambil adalah dengan membangun pemerintahan yang lebih terbuka, partisipatif, dan inovatif, melalui komitmen Open Government Indonesia (OGI).

“OGI merupakan bentuk konkrit keseriusan Kota Bandung melakukan reformasi sektor publik secara menyeluruh,” tutur Yossi.

Maka, melalui OGI diharapkan akan lahir ide, inisiatif, dan praktik keterbukaan pemerintah yang dapat mengakselerasi pencapaian target dan prioritas nasional. “Utamanya, di dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis, dan terpercaya,” pungkas Yossi. (koe)

Related posts