Tokoh Muslim Afsel, Hadir Peringatan Maulid Nabi di Keraton Cirebon

Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat (rri)
Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat (rri)
JABARTODAY.COM-CIREBON. Sekitar 41 tokoh dari Afrika Selatan menghadiri kegiatan tradisi peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Keraton Kasepuhan di Cirebon.

“Ada empat puluhan tokoh dari Afrika Selatan hadir dalam Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW atau yang dikenal dengan istilah muludan. Kegiatan ini adalah peristiwa tradisi budaya khas Indonesia untuk memperingati lahirnya Nabi Muhammad SAW,” Sultan Sepuh XIV, PRA Arief Natadiningrat, Cirebon, Kamis (24/12/2015)

Panjang Jimat
Pada Kamis (24/12) malam, empat keraton di Cirebon menggelar acara panjang jimat, dalam rangka memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW, Ribuan warga dari berbagai daerah memadati keempat keraton tersebut.

Pada tahun 2015bini, panjang jimat terasa sangat istimewa karena diperingati sebanyak dua kali. Yaitu 3 Januari 2015 dan 24 Desember 2015. Hal itu terjadi akibat perbedaan kalender masehi dan hijriah.

Keempat keraton itu, yakni Keraton Kasepuhan, Kanoman, Kacribonan dan Kaprabonan. Di empat keraton tersebut, acara panjang jimat yang merupakan puncak rangkaian peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW diisi dengan tradisi yang telah berlangsung turun temurun. Panjang jimat berisi kegiatan kirab benda pusaka milik keraton dan nasi jimat, dari dalam keraton menuju masjid/langgar setempat.

Rangkaian prosesi panjang jimat di Keraton Kaprabonan diawali dengan penyerahan pusaka Pangeran Jagasatru, yang berasal dari sekitar abad 16-17, dari Sultan Kaprabonan X, Pangeran Raja Hempi Raja Kaprabon kepada senopati. (rep/sep)

Related posts