Siswa PAUD ‘Citra Kusuma” Gelar Dakwah Berzakat di Bulan Ramadhan

  • Whatsapp

Ingatkan Zakat, Siswa PAUD
Gelar “Dakwah On the Road”

Dengan berdiri di trotoar traffict light Raya Arjuno,Siswa PAUD “Citra Kusuma” membawa aneka poster, diantaranyabertuliskan “Ayo Kita Berbagi”, “Zakat itu Wajib”, “Ayo Bayar ZakatYuk”, dan “Lebih Baik Memberi Daripada Meminta”.

JABARTODAY.COM – SURABAYA

Ajarkan pendidikan agama sedari dini, Siswa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) “Citra Kusuma” yang berlokasi di kawasan Asemrowo Sekolahan ini ajak puluhan anak didiknya untuk “Dakwah On the Road”, Selasa (7/8/2012).

Dengan konsep turun ke jalan, siswa yang masih duduk di Playgroup dan Kindergarten ini menyerukan ajakan untuk berzakat. Mereka berdiri di trotoar traffict light Raya Arjuno sambil membawa aneka poster, di antaranya bertuliskan “Ayo Kita Berbagi”, “Zakat itu Wajib”, “Ayo Bayar Zakat Yuk”, dan “Lebih Baik Memberi Daripada Meminta”.

Uniknya, poster berisikan ajakan untuk berzakat tersebut bernuansa hasil karya mereka. Ada yang berlatar belakang pemandangan, ada juga yang cuma tulisan dengan aneka coretan krayon.

Menurut Kepala PAUD “Citra Kusuma” Widyani Kusumayanti, S.Psi, Psikolog, tujuan digelarnya “Dakwah On the Road” ini ingin mengajarkan anak didiknya untuk belajar pendidikan agama secara keseluruhan.

“Selain itu, mengingatkan umat Muslim untuk melakukan kewajiban berzakat di bulan Ramadhan,” jelas pendidik yang akrab dipanggil Bunda Widya ini.

Mengusung tema “Dakwah Berzakat di Bulan Ramadhan”, sasaran dari “Kampanye Berzakat” ini adalah masyarakat pengguna jalan yang melintas di kawasan Jalan Arjuno.

Tak hanya mengusung pelbagai poster, tapi anak-anak yang rata-rata masih Balita ini juga membagikan leaflet yang berisikan hadits-hadits, seperti “Barangsiapa yang Mengeluarkan zakat sebelum sholat Ied, maka itu sakat yang diterima dan barangsiapa yang mengeluarkan zakat sesudah sholat Ied, maka itu berarti shadaqah seperti shadaqah biasa” (HR. Abu Daud, Ibnu Hajar & Daruquthni), dan “Rasulullah SAW, memerintahkan untuk mengeluarkan zakat fitrah untuk anak kecil, orang dewasa, orang merdeka dan hamba sahaya dari orang yang kamu sediakan makanan mereka (HR. Daaruquthni, Hadits Hasan).

“Terima kasih ya nak, sudah mengingatkan untuk berzakat. Hampir saja saya lupa,” ujar Abdullah, pengendara motor saat menerima leaflet tersebut dari Muhammad Lazuardi Syahada Dewa Agung (3) siswa Playgroup A.

Hal senada juga diungkapkan Himawan (45), manager salah satu asuransi yang saat itu mengendarai mobil mewah. Saat menunggu lampu hijau, Himawan mendapatkan leaflet yang bertuliskan “Rasulullah telah mewajibkan zakat fitrah di bulan Ramadhan satu sha’ dari kurma atau satu ‘sha’ dari sya’iir atas seorang hamba, seorang merdeka, laki-laki, wanita, anak kecil dan orang dewasa dari kaum muslimin” (HR. Bukhari & Muslim).

Didampingi Bunda Guru, siswa PAUD “Citra Kusuma” membagikan leaflet yang berisikan hadits-hadits untuk mengingatkan umat Muslim agar melakukan kewajiban berzakat di bulan Ramadhan.

“Wah, kecil-kecil sudah pandai agamanya. Terima kasih ya nak sudah mengingatkan bapak untuk berzakat,” katanya sembari tersenyum.

Sementara itu, respon dari siswa PAUD “Citra Kusuma” sendiri beragam. Intinya, mereka senang dengan kegiatan outdoor seperti ini.

Salah satunya Aura Diva Angela Lovely Rorong (4). Siswa Kindergarten A ini terlihat bersemangat saat membawa poster bertuliskan “Ayo Kita Berbagi”. Tanpa menghiraukan panas terik, Aura tetap tersenyum, bahkan sesekali becanda dengan teman sebelahnya. Bahkan dia juga tidak merasa takut saat memberikan leaflet pada pengendara yang berhenti di
traffict light Raya Arjuno.

Aksi “Dakwah On the Road” ini sendiri mendapatkan pengawalan dua petugas dari Polsek Sawahan. (FZF)

Berita Terkait