Sentra Cibaduyut Perlu Dorongan Pemerintah

JABARTODAY.COM –  BANDUNG Sekretaris Komisi D DPRD Kota Bandung Agus Gunawan meminta Pemerintah Kota Bandung perhatikan fasilitas infrastruktur di kawasan sentra industri sepatu Cibaduyut. Pasalnya, tanpa dukungan maksimal pemerintah, perkembangan sentra industri tersebut akan berjalan lamban.

Agus menyayangkan, kondisi trotoar dan parkir liar yang kerap menjadi persoalan klasik. Bila area pedestrian dibenahi dan parkir liar ditertibkan, Cibaduyut bisa menjadi destinasi wisata unggulan di Kota Bandung. “Seharusnya sentra sepatu Cibaduyut bisa seperti di Malioboro, Jogjakarta,” kata Agus, di Gedung Parlemen, Senin (19/12).

Menyoal penataan kemacetan, Agus mengaku hal tersebut bisa diatasi dengan menyediakan lahan khusus untuk kendaraan yang menampung wisatawan. Sementara, untuk persoalan kemacetan yang diakibatkan parkir liar bisa diantisipasi dengan pengawasan petugas Dinas Perhubungan di area tersebut. “Kemacetan di sentra Cibaduyut terdampak parkir liar. Sehingga, Dishub perlu turun tangan, dengan memasang rambu-rambu dan penertiban. Kalau dibenahi saya yakin Cibaduyut bisa  berkembang,” ujar Agus.

Untuk penyediaan lahan parkir bagi wisatawan, menurut Agus, Pemkot Bandung bisa membeli lahan. Dalam hitung-hitungan ekonomi, biaya yang dikeluarkan Pemkot Bandung diperkirakan bisa kembali dalam waktu 10 tahun. “Pemkot bisa membeli lahan untuk penataan di dekat Tugu Sepatu, Jalan Cibaduyut. Selain untuk menampung PKL dan pengrajin kecil, lahan tersebut  mampu menampung 50 kendaraan wisata,” terang Agus. (koe)

Related posts