Santri Ar-Ruhama Tasmi’ Hafalan 5 Juz Al Qur’an “Sekali Duduk”

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM-KUNINGAN. MTs Ar Ruhama yang terletak di Desa Caracas RT 014 RW 04  Kecamatan Cilimus Kabupaten Kuningan yang didirikan pada tahun 2015 semakin menunjukkan eksistensinya dalam dunia pendidikan tingkat menengah di bawah Kementrian Agama. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya Akreditasi A dan animo masyarakat yang semakin bagus, jumlah “santri” yang semakin banyak sehingga jumlah yang masuk sebagai santri baru lebih banyak dari pada yang lulus.

Menurut Ketua Yayasan Islam Ar Ruhama yang sekaligus perintis dan pendiri Dr. KH. Alfan Syafi’i, Lc. M.Pd.I, yayasan ini didedikasikan untuk melahirkan generasi yang dapat memenangkan persaingan di zamannya dengan mengambil slogan “Ilmiyah, Quraniyah dan Akhaqul Karimah” diharapkan dapat terwujud alumni yang berintegritas tinggi dilandasi imu dan a Qur’an sehingga seluruh ucap, sikap dan perilakunya dapat dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat serta menjadi landasan untuk meraih kesuksesannya.

Alfan menjelaskan, di lingkungan pendidikan semua peserta didik disebut santri agar terbangun budaya santri yang mandiri, semangat belajar agamanya tinggi dan berakhlaqul karimah maka disampaikan kepada wali santri bahwa mereka adalah santri yang tidurnya di rumah.

“Kepada wali santri disampaikan bahwa santri ar Ruhama adalah tanggungjawab walinya maka wali santri harus memerankan diri sebagai QC atau quality control sehingga mereka ikut bertanggungjawab atas pencapaian target kuantitatif dan kualitatif santri Ar Ruhama,” jelas Alfan yang juga mantan anggota DPRD Kabupatena Kuningan.

Untuk target kuantitatif Hafalan Al Qur’an minimal 4 juz untuk yang alumni MI Plus Ar-Ruhama dan 3 juz non alumni Arruhama. Santri diberikan motivasi agar dapat melampaui target bahkan jika memungkinkan bisa hafal 30 juz, untuk motivasi menghafal dan memiiki hafalan banyak menggunakan dalil-dalil baik dari al Qur’an maupun al Hadis.

Menurut kepala MTs Arruhama Ustadz H. Nashihin Ardjadisastra, S.Pd.I bahwa tingkat pencapaian target minimal bisa 100% meskipun di masa pandemi covid-19 bahkan ada beberapa yang dapat mencapai 10 juz sekitar 7 orang dan dari hafalan itu “ditasmi’kan sekali duduk”  didepan publik bahkan disiarkan secara live di youtube akun Ar Ruhama TV. Juz yang ditasmi’kan adalah juz 28, 29, 30, 1 dan 2 diselesaikan dalam waktu 4 jam lebih. Hal ini dilaksnakan pada hari kamis, 17 Desember 2020 oleh santri bernama Artika Fauziah dari jam 07.30 -11.15 dan hari Jumat, 18 Desember 2020 jam 07.30 – 11.00.

Dr. KH. Alfan Syafi’i, Lc. M.Pd.I berharap dari ar ruhama lahir generasi hebat yang dibanggakan orang tuanya, umat dan bangsa serta diakui oleh Allah swt menjadi umat nabi Muhammad saw sehingga mendapatkan syafaat Rosulillah saw sebagaimana tersiratkan di dalam al Quran surat al Fath: 29. (humas arruhama/ruz)

Berita Terkait