Peluang Syaifullah Yusuf Besar Jadi Gubernur Jatim

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – JAKARTA

Direktur Lembaga Kajian dan Survei Nusantara (LAKSNU) Gugus Joko Waskito menilai Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf (Gus Ipul) mempunyai peluang besar untuk menang jika maju sebagai calon gubernur pada Pilkada Jawa Timur 2013.

“Gus Ipul sebetulnya punya kans sangat besar terpilih jika mencalonkan diri jadi Gubernur Jatim,” kata Gugus di Jakarta, Kamis (22/11).

Dikatakannya, pengalaman lima tahun sebagai Wagub Jatim serta basis dan jaringan Nahdliyyin yang luas adalah modal utama jika Gus Ipul mencalonkan diri sebagai gubernur.

“Sayangnya sampai saat ini Gus Ipul tampak masih ragu-ragu untuk mencalonkan diri sebagai gubernur, padahal jika sudah ada sinyal dari Gus Ipul bahwa dia berani maju sebagai cagub, bukan tidak mungkin beberapa partai politik akan meminangnya,” katanya.

Menurut Gugus, keraguan Gus Ipul itulah yang membuat beberapa parpol yang punya kursi di DPRD Jatim masih enggan untuk meminang mantan Menteri Pembangunan Daerah Tertinggal itu.

“Padahal modal suara Gus Ipul itu lebih besar dukungannya daripada gubernur incumben, Soekarwo,” katanya.

Dikatakannya, Gus Ipul yang saat itu merupakan Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor mempunyai sumbangan besar bagi kemenangan Soekarwo-Saifullah Yusuf pada Pilgub Jatim 2008.

“Yang menyumbang suara untuk kemenangan Soekarwo-Saifullah Yusuf, ya Gus Ipul. Apalagi sekarang dia sudah menjadi wagub, pasti lebih luas lagi jaringan pendukungnya,” katanya.

Menurutnya, sangat patut disayangkan jika ada kader NU yang mempunyai potensi menjadi Gubernur Jatim, namun tidak memanfaatkan momentum yang ada.

Jika pada akhirnya Gus Ipul tetap maju sebagai cawagub berpasangan dengan Soekarwo, kata Gugus, maka harus ada kader NU lain yang maju sebagai cagub.

Menurut dia, hanya Ketua Umum Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa yang bisa menandingi pasangan Soekarwo-Saifullah Yusuf. (far/an)

Berita Terkait