Saturday , 23 November 2019
Home » Politik » PDIP dan Golkar Belum Sodorkan Kandidat Pimpinan DPRD Kota Bandung

PDIP dan Golkar Belum Sodorkan Kandidat Pimpinan DPRD Kota Bandung

Sekretaris DPRD Kota Bandung M. Salman Fauzi (Foto: eddy koesman) is 

JABARTODAY.COM, BANDUNG – Pasca pelantikan 50 anggota DPRD Kota Bandung periode 2019-2024, 5 Agustus lalu, tampuk pimpinan DPRD Kota Bandung definitif belum terbentuk.

Ada empat partai politik pemenang Pemilihan Legislatif di Kota Bandung, yang berhak mengisi kursi pimpinan DPRD Kota Bandung, yakni Partai Keadilan Sejahtera, Partai Gerindra, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, dan Partai Golkar. 

Jelang akan berakhir bulan Agustus ini, Fraksi Partai Golkar dan PDI Perjuangan masih belum menyodorkan nama calon pimpinan dewan. Pihak Sekretariat DPRD Kota Bandung, baru menerima nama calon Ketua DPRD Kota Bandung dari PKS Tedy Rusmawan dan Gerindra Ade Supriadi.

Hal itu diungkapkan Sekretaris DPRD Kota Bandung M. Salman Fauzi, di Gedung DPRD Kota Bandung, Selasa (27/8/2019).

“Hingga saat ini sekretariat DPRD Kota Bandung, belum menerima surat masuk perihal nama calon kandidat pimpinan dewan dari Partai Golkar dan PDI Perjuangan,” jelas Salman.

Salman menambahkan, pihaknya sudah melayangkan surat permohonan nama calon pimpinan DPRD ke partai pemenang urutan ketiga dan kèempat tersebut.

“Untuk nama calon wakil ketua kami telah berkirim surat ke dua partai politik itu,” tukas Salman.

Diakui Salman, pihaknya masih menunggu dua bakal calon pimpinan dewan yang belum lolos dari DPP masing-masing. Untuk target, diharapkan September 2019 semua partai telah selesai dan nama kandidat sudah dikirim ke Sekretariat Dewan Kota Bandung.

“Sepertinya proses di DPP memakan waktu cukup lama. Maka, diprediksi awal September baru bisa kelar. Diharapkan tidak melampaui satu bulan sejak pengucapan sumpah dan janji anggota DPRD Kota Bandung, karena agenda kegiatan yang cukup padat di bulan September 2019,” tambah Salman.

Salman menuturkan, hingga saat ini tampuk pimpinan DPRD Kota Bandung masih dijabat Ketua Sementara Yudi Cahyadi dari PKS dan wakilnya Kurnia Solihat dari Fraksi Partai Gerindra.

“Pimpinan sementara yang disetujui saat ini, ya mereka. Secepatnya akan ada pimpinan definitif setelah semua DPP mengirim surat keputusan nama pimpinan masing-masing,” tutup Salman. (edi)