Minim, Pemanfaatan Kawasan Industri

AHMAD HERYAWAN (republika.co.id)
AHMAD HERYAWAN (republika.co.id)
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Sejak beberapa dekade, mayoritas industri berlokasi d Jabar. Ada beberapa titik yang menjadi kawasan industri. Sebut saja di wilayah Jabodebeka (Jakarta-Bogor-Depok-Bekasi-Karawang), termasuk Purwakarta dan Bandung.

Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan, mengutarakan, sekitar 53 persen industri berlokasi di tatar Pasundan. Menurutnya, di Jabar, terdapat sekitar 25 kawasan yang tersebar di Jabodebeka plus Purkawakarta dan Bandung. Luas masing-masing kawasan variatif, sekitar 200-2.000 hektare.

“Tapi, sampai kini, pemanfaatan kawasan itu masih belum optimal, sekitar 46 persen,” tandas Aher, sapaan akrabnya, belum lama ini.

Padahal, ucapnya, keberadaan kawasan itu untuk memudahkan para pelaku industri guna mengembangkan usaha. Hal itu, lanjutnya, dapat berimbas pada pertumbuhan ekonomi, yaitu mendorong penyerapan tenaga kerja.

Karenanya, pihaknya meminta kota-kabupaten supaya mendorong para pelaku industri untuk memanfaatkan kawasan tersebut secara optimal. Caranya, kata Aher, kota-kabupaten memberi kemudahan. “Industri yang tumbuh dapat menaikkan tingkat penyerapan tenaga kerja. Jadi, kota-kabupaten seyogianya memberi kemudahan dan jangan mempersulit soal perizinan,” tutupnya. (ADR)

Related posts