Tuesday , 31 March 2020
Home » Ekonomi » Menyoal Perbankan dan Keuangan Islam di Indonesia

Menyoal Perbankan dan Keuangan Islam di Indonesia

full-cover-1Penulis : Muhammad Shodiq
Penerbit: Pustaka Nusantara
ISBN : 978-602-17851-8-8
Tebal : xvi + 234 halaman
Cetakan : Pertama, Oktober 2016

Buku “Islamic Banking & Finance in Indonesia: A Critical Analysis” merupakan buku yang sangat komprehensif menjelaskan perkembangan sistem perbankan & keuangan syariah di Indonesia. Buku ini terdiri dari empat bab yang dimulai dengan analisa terhadap perkembangan sistem perekonomian dan keuangan di Indonesia termasuk hukum dan perundang-undangannya, dilanjutkan dengan pembahasan mengenai peluang dan tantangan sistem keuangan dan industri perbankan syariah serta strategi manajemen dan pengembangan perbankan Syariah termasuk pengembangan SDM.

Beberapa fakta dan data menarik tentang kesenjangan social, kemiskinan serta system keuangan yang masih ekslusif untuk segelintir orang menjadi latar dalam analisa terhadap situasi system ekonomi di Indonesia. Kehadiran sistem Syariah diharapkan bukan hanya sebagai alternatif pelengkap system konvensional namun diharapkan bisa berbuat lebih banyak sebagai solusi kebuntuan terhadap isu kesenjangan, kemiskian dan keterbelakangan tersebut. Oleh karenanya perlu perubahan strategis dalam pengembangan sistem dan keuangan Syariah baik dari aspek perundang-undangan, aspek manajerial, aspek pengembangan produk dan layanan serta aspek pengembangan aspek sumber daya manusianya.

Buku ini ditulis dengan format tulisan populer yang memudahkan berbagai kalangan untuk menikmati buku tersebut. Buku ini cocok untuk akademisi sebagai bahan pelajaran untuk mahasiswa, beberapa rekomendasi yang disampaikan oleh penulis dapat dijadikan bahan untuk riset dan penelitian akademik. Bagi praktisi keuangan dan perbankan, buku ini dapat menjadi sarana untuk melakukan refleksi terhadap strategi dan implementasi praktis yang telah dijalankan selama ini serta dapat menjadi titik balik terhadap munculnya berbagai inovasi pengembangan bisnis dan produk. Buku ini juga relevan bagi para pembuat kebijakan di sektor keuangan dan perbankan dalam mendorong tumbuhnya industri dan sistem keuangan dan perbankan Syariah yang lebih kuat dan sehat.

Masyarakat secara umum dapat menikmati buku ini sebagai acuan dalam memahami jenis produk dan layanan keuangan dan perbankan Syariah. Buku ini disajikan dalam bahasa Inggris sehingga dapat menjadi sarana untuk mempromosikan industri keuangan dan perbankan Syariah Indonesia di tingkat global.

Hal yang sangat menarik juga adalah testimoni buku ini datang dari berbagai kalangan baik akademisi, regulator, praktisi serta konsultan baik dari dalam maupun luar negeri yakni Amerika Serikat, Dubai, Malaysia, Thailand dan Brunei Darussalam. Testimoni dari dalam dalam negeri antara lain dari Ketua Dewan Komisioner OJK, Ketua KEIN serta beberapa praktisi dan konsultan.

Semoga buku ini dapat bermanfaat bagi kemajuan industri perbankan Syariah di Indonesia pada khususnya serta kesejahteraan masyarakat pada umumnya. Amiin. [fathan)