Komoditi Ini Punya Peluang Tembus Pasar Tiongkok

(jabartoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Pelemahan rupiah sebagai dampak ekonomi global, termasuk isu trade war antara Amerika Serikat (AS) dan China berdampal pada ekonomi nasional. Beragam sektor terimbas, termasuk industri.

Ketua Badan Pengurus Provinsi (BPP) Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Jabar, Dedy Widjaja, tidak membantah bahwa dunia industri dan usaha Jabar dalam kondisi tidak kondusif. “Daya serap pasar, baik ekspor maupun domestik, down. Banyak produk tidak terjual,” tandas Dedy pada sela-sela Pelantikan Pengurus Cabang Perhimpunan Indonesia Tionghoa (Inti) Kota Bandung, Kabupaten Bandung, dan Kabupaten Subang di Hotel Golden Flower, Jalan Asia Afrika Bandung, Senin (15/10).

Meski demikian, seru Dedy, pihaknya terus berupaya keras untuk menjaga keberlangsungan industri di Jabar. Satu di antaranya, ucap dia, meningkatkan ekspor walau saat ini kondisinya tidak secerah beberapa tahun lalu.

Karena itu, keberadaan Inti, terang Dedey, adalah sebuah langkah memperkuat hubungan dagang dengan Tiongkok sekaligus memperlebar pasar ke negara Tirai Bambu itu. Menurutnya, sejatinya, Indonesia, khususnya Jabar, masih memiliki komoditi yang berpeluang menembus pasar global. Satu di antaranya, ucap dia, pasar Tiongkok.

Karena itu, terang Dedy, melalui Inti, pihaknya mencoba melakukan langka strategis, yaitu memperkuat hubungan dagang dengan Tiongkok sekaligus memperlebar pasar ke negara Tirai Bambu itu.

“Komoditi yang punya peluang ekapor itu adalah agro industri. Misalnya, buah-buahan. Peluangnya menembus pasar Tiongkok terbuka, terutama komoditi agro yang tidak dimiliki negara itu,” ungkapnya.

Selain komoditi agro industri, tambah Dedy, produk kerajinan berbahan baku khas Indonesia pun punya kans menembus pasar Negeri Tembok Besar. Satu di antaranya, sebut dia, produk-produk kerajinan berbahan baku rotan.

“Harapannya, melalui Inti, ekspor Jabar kembali meningkat. Jika itu (ekspor meningkat) terjadi, ekonomi pun kembali bertumbuh,” pungkas Dedy.  (win)

Related posts