Kerjasama Kian Erat, Jerman Siap Berinvestasi di Bandung

Koordinator Program IHK Trier Jerman, Andreas Gosche (erwin adriansyah)
Koordinator Program IHK Trier Jerman, Andreas Gosche
(erwin adriansyah)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Dalam dunia ekonomi, menjalin dan mempererat kerjasma merupakan sebuah langkah positif dan menguntungkan. Hal itu menjadi dasar Industrie und Handelskammer (IHK) Triere (Kadin Triere Jerman) untuk mempererat hubungan dengan Kadin Kota Bandung. Upaya mempererat hubungan itu tertuang dalam penandatanganan kesepakatan antara Kadin Kota Bandung dan IHK Trier di Graha Kadin Kota Bandung, Jalan Talagabodas 31 Bandung, Selasa (10/2).

Koordinator Program IHK Trier, Andreas Gosche, menjelaskan, pihaknya memutuskan untuk meneruskan dan mempererat kerjasama dengan Kadin Kota Bandung bukan tanpa alasan. Menurutnya, di Indonesia, Kadin Kota Bandung merupakan kadin yang terbaik. “Tidak hanya dalam hal kepengurusannya, tetapi juga program-programnya,” tandas Andreas usai penandatanganan kesepakatan kerjasama.

Menurutnya, pihaknya menganggap Kadin Kota Bandung merupakan mitra yang tepat bagi IHK Trier. Pada dasarnya, jelas dia, kerjasama ini dapat berefek positif bagi perkembangan dunia ekonomi pada era persaingan kian ketat. Efek itu, ucap dia, tidak hanya bagi dunia usaha Kota Bandung, tetapi juga Jerman.

“Melalui berbagai program, kami sangat mendukung pertumbuhan dan penciptaan wirausaha baru, khususnya, di Kota Bandung. Caranya, melalui pendampingan dan pelatihan. Saya kira, Jerman siap berinvestasi di Kota Bandung. Bentuknya, tidak hanya berupa cash money, tetapi juga hal lain. Kerjasama ini merupakan salah satu bentuk investasi yang bersifat jangka panjang,” paparnya.

Bagi Jerman, jelasnya, kerjasama tersebut memberi benefit. Manfaatnya, ucap dia, tidak hanya dalam hal bisnis. Hal yang lebih penting lagi, kata pria berdarah Jerman yang fasih berbahasa Indonesia itu, adalah pembentukan dan peningkatan jaringan. Dia berpendapat, bagi negeri Bavaria, Indonesia merupakan negara yang menarik. Namun, kata dia, berbeda dengan Cina atau Amerika Serikat (AS), kehadiran Jerman di negara Khatulistiwa ini, khususnya Kota Bandung, adalah untuk memberi manfaat, tidak hanya bagi Jerman, tetapi juga Indonesia. “Yaitu, melalui berbagai program untuk memajukan pelaku usaha di negara ini sekaligus membuka peluang bisnis,” tutupnya. (ADR)

 

Related posts