Kawal PON, DPPK Terjunkan 500 Relawan

Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara memeriksa kesiapan anggotanya dalam menghadapi PON, Kamis (15/9).
Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara memeriksa kesiapan anggotanya dalam menghadapi PON, Kamis (15/9).

JABARTODAY.COM – BANDUNG Dalam rangka kesiapan yang prima, Dinas Pencegahan dan Penanggulangan Kebakaran Kota Bandung, menggelar apel persiapan Pekan Olahraga Nasional XIX, Kamis (15/9). Apel juga sekaligus melihat kesiapan petugas dalam mengawal lancarnya ajang multicabang olahraga tersebut.

Pada ajang PON ini, DPPK Kota Bandung menerjunkan 32 kendaraan unit pancar, tangga, quick response, unit komando, dan rescue yang  didukung 130 personel, serta dibantu 500 orang relawan. “500 relawan akan diturunkan sebagai antisipasi  hal yang tidak diinginkan selama PON,” ujar Kepala DPPK Kota Bandung Ferdi Ligaswara, usai kegiatan.

DPPK juga menempatkan para personelnya di venue dan hotel tempat atlet menginap. “Kami mengimbau kepada pengusaha hotel, restoran dan fasilitas publik untuk meningkatkan kesiapan dan kesigapan yang antisipatif,” ucap Ferdi.

Bahkan, untuk mengantisipasi  potensi bencana yang dapat terjadi saat pagelaran olahraga itu, pihaknya juga menyiapkan personel yang  bertugas secara mobile. Ferdi menjelaskan, dalam mengantisipasi bencana, bukan hanya relawan yang disiagakan, tetapi juga tenaga ahli dengan dukungan perlengkapan yang optimal. “Potensi bencana bukan hanya kebakaran atau banjir, bisa saja pohon tumbang akibat cuaca yang tidak menentu,” papar mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandung itu.

Ferdi menandaskan, akan ada 130 petugas dari internal DPPK yang siaga 24 jam, terutama di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, untuk mengantisipasi terjadinya bencana. Pihaknya juga terus menjalin koordinasi dengan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) terkait, TNI/Polri, Badan SAR Nasional (Basarnas), maupun Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). (dva)

Related posts