Wednesday , 29 January 2020
Home » Ekonomi » Idul Fitri, PT KAI Angkut Ribuan Sepeda Motor

Idul Fitri, PT KAI Angkut Ribuan Sepeda Motor

Pada Angkutan Idul Fitri 2018, PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung mengangkut ribuan sepeda motor, yang merupakan program Angkutan Motor Gratis.
(jabartoday.com/ISTIMEWA)

JABARTODAY.COM – BANDUNG — Pada momen Angkutan Idul Fitri 2018, PT Kereta Api Indonesia (KAI) (Persero) tidak hanya mengangkut penumpang. Akan tetapi, lembaga BUMN bidang transportasi massal itu pun melaksanakan program yang digagas Kementerian Perhubungan pada masa Idul Fitri tahun ini, yakni Angkutan Motor Gratis (Motis).

Di wilayah kerja PT KAI (Persero) Daerah Operasional (Daop) 2 Bandung, program Motis berlangsung sama dengan daerah lainnya, yakni 13 hari. “Itu terbagi menjadi Angkutan Motis Arus Mudik, yang berlangsung 8-13 Juni 2018, dan Angkutan Motis Arus Balik, pada 19-25 Juni 2018,” tandas Kepala Humas PT KAI (Persero) Daop 2 Bandung, Joni Martinus, Rabu (13/6).

Diutarakan, selama program itu, utamanya Angkutan Motis Arus Mudik, pihaknya mengangkut ribuan unit sepeda motor, baik pemuatan maupun pembongkaran.

Untuk pemuatan (sepeda motor yang dinaikkan ke dalam kereta), jelas Joni, jumlahnya sebanyak 1.182 unit. Pemuatan terbanyak, katanya, di Stasiun Kiaracondong, yaitu 817 unit. Sisanya, sambung Joni, di Stasiun Cimahi sebanyak 362 unit san Tasikmalaya sejumlah 3 unit.

Sedangkan untuk pembongkaran (sepeda motor yang diturunkan dari kereta), Joni menyatakan, jumlahnya 1.199 unit. “Terbanyak di Stasiun Kiaracondong, yaitu 794 unit. Kemudian Stasiun Cimahi sebanyak 347 unit, lalu Tasikmalaya sebesar 33 unit, dan Banjar sejumlah 25 unit,” tutup Joni. (win)