Giliran Samba yang Gigit Jari

Heading pemain Swiss, Steven Zuber (merah) memanfaatkan corner kick pada menit 50, memaksa Brazil harus puas bermain 1-1 dalam laga Grup E, Senin (18/6) dinihari WIB.
(jabartoday.com/net)

JABARTODAY.COM – ROSTOV — Dalam dunia olah raga, ada banyak faktor yang menentukan sukses tidaknya sebuah tim atau atlet meraih kemenangan. Selain tentunya teknis, misalnya  berlatih teknik dan fisik, strategi yang jitu, dan spirit serta mental tangguh, juga faktor non-teknis, yang satu di antaranya adalah keberuntungan.

Pada panggung World Cup 2018, sejumlah tim kuat, bahkan berlabel juara dunia, mengalami nasib apes. Sebut saja Jerman yang menyerah 0-1 kepada Meksiko. Lalu, Argentina yang hanya berbagi angka 1-1 dengan Islandia. Yang terkini, giliran juara dunia 1958, 1962, 1970, 1994, dan 2002, Brazil, yang harus gigit jari.

Tim Samba, yang diperkuat striker Paris St Germain (PSG) dan berlabel sebagai termahal sejagad, Neymar, lalu Philippe Coutinho, dan lainnya, tidak mampu meraup angka penuh ketika berjumpa Swiss, Senin (18/6) dinihari WIB.

Rostov Arena menjadi saksi kegagalan Selecao mengatasi armada Gunung Allpen. Dalam duel Grup E itu, Brazil harus puas bermain draw 1-1.

Sejatinya, Brazil tampil luar biasa pada 30 menit pertama. Tim berkirim kuning ini terus menekan Swiss. Hasilnya, bintang el Blaugrana Barcelona, Philippe Coutinho, melepaskan tendangan geledek kaki kanannya dari luar kotak penalti. Peluncur deras menerobos gawang Swiss yang dijaga Yann Somer. Brazil pun unggul 1-0.

Gol itu menyengat Swiss. Armada berkostum merah ini bangkit. Swiss terus menekan. Upaya Swiss baru berbuah hasil pada babak kedua, gelanggang 50. Diawali corner kick pada sisi kiri pertahanan Brazil. Winger Swiss. Xherdan Shaqiri, melepaskan umpan akurat, bola ditanduk Steven Zuber dan langsung menggetarkan gawang Brazil, 1-1.

Skor imbang itu membuat kedua kubu bermain lebih terbuka. Beberapa kali Brazil mengancam lini belakang Swiss. Namun, tangguhnya Yann Somer mengawal gawang Swiss membuat barisan mesin gol Brazil frustsasi.

Peluang pun dimiliki Swiss. Serangan cepat melalui dua sisi sayap  merepotkan para defender Brazil. Namun  hingga akhir laga, tidak ada gol berikutnya yang tercipta. Skor 1-1 tidak berubah. (win)

Related posts