Empat Titik di Jabar Jadi Lokasi PLUT

PT Telkom dan Kementerian KUKM meresmikan Kampung Digital PLUT Cianjur jabartoday.com/ISTIMEWA
PT Telkom dan Kementerian KUKM meresmikan Kampung Digital PLUT Cianjur
jabartoday.com/ISTIMEWA

JABARTODAY.COM – CIANJUR — Berbagai program dan upaya dilakukan pemerintah untuk meningkatkan keberadaan dan daya saing para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). Satu di antaranya, membangun skema Program Kampung UKM Digital Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT). Dalam program itu, PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) berandil besar karena menyiapkan sarana penunjang berupa jaringan teknologi informasi.

Deputy Executive Vice President Divisi Business Service PT Telkom, Yoyok Setyono, pada peresmian Kampung UKM Goes Digital di Cianjur, Kamis (20/10), mengemukakan, sejauh ini, pihaknya menerima data bahwa jumlah pelaku UMKM di tanah air begitu banyak, mencapai 53 UMKM yang bergerak dalam berbagai sektor. “Melalui teknologi, kami mendorong keberadaan mereka supaya lebih berdaya saing,” tandasnya.

Menurutnya, program Kampung Digital PLUT merupakan sebuah penopang, bahkan sarana untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Diutarakan, pemerintah, melalui Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (KUKM), membangun 49 lokasi Kampung Digital PLUT di seluruh wilayah tanah air. “Jabar memiliki 4 lokasi. Sejauh ini, baru 2 titik yang beroperasi, yaitu Sukabumi dan Cianjur yang baru kami resmikan bersama kementerian (KUKM). Dua lainnya yang segera beroperasi yaitu Tasikmalaya dan Subang,” papar Yoyok.

Di tempat sama, Deputi Bidang Restrukturisasi Usaha Kementerian KUKM, Yuwana Sutyowati, menambahkan, pembangunan Kampung Digital PLUT menggunakan dana APBN. Diungkapkan, berdasarkan laporan, total nilai APBN untuk membangun PLUT sekitar Rp 270 miliar. “Setiap PLUT memerlukan dana yang tidak sedikit karena untuk pemenuhan gedung, yang berfungsi sebagai sentra aktivitas dan informasi serta lahan. Nilai untuk setiap titik PLUT sekitar Rp 4 miliar,” urainya. (win)

Related posts