Dongkrak Bisnis, BJB Rangkul Peritel

foto: erwin adriansyah
foto: erwin adriansyah

JABArRTODAY.COM-TANGERANG –Banyak cara untuk meningkatkan kinerja bisnis yang dapat dilakukan para pelaku bisnis,  termasuk yang bergerak pada sektor perbankan. Satu di antaranya melakukan kolaborasi dengan pelaku bisnis lainnya, baik sesama perbankan maupun sektor lainnya.

Seperti yang dilakukan PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Tbk alias bank bjb. Sejauh ini, lembaga perbankan milik BUMD Jabar-Banten itu bekerjasama dengan beragam pihak lain. Yang terkini, perbankan tang berkantor pusat di Jalan Naripan Bandung itu merangkul pebisnis ritel. Adalah PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, selaku perusahaan yang menaungi minimarket Alfamart, yang kini menjadi mitra bisnis bank bjb.

“Ini adalah kerjasama yang berefek positf, tidak hanya bagi bank bjb dan dan Alfa Mart,  tetapi juga masyarakat. Itu karena bentuk kerjasamanya pembayaran Pajak Bumi Bangunan Perdesaan dan Perkotaan(PBB P-2),” tandas Direktur Utama bank bjb, usai launching Perluasan Delivery Channel Pembayaran PBB P2 di Gerai Alfamidi di Kantor Kecamatan Curug Kabupaten Tangerang Banten, Senin (10/8).

Efek positif bagi masyarakat seiring dengan adanya kerjasama ini adalah memberi kemudahan dalam hal pembayaran PBB P-2. Menurutnya, kini, masyarakat daoat membayar PBB P-2  pada getai-gerai Alfamart, tanpa mengantri.

Dijelaskan, pengoperasionalan kerjasama di Kabupaten Tangerang ini merupakan pilot project. Rencananya, pembayaran PBB-P2 dapat berlangsung pada setiap gerai Alfamart di negeri ini. Namun,  fokua awal adalah Jabar-Banten.

Secara bisnis, jelas Ahmad Irfan, kerjasama ini dapat memperluas jaringan. Ahmad Irfan mengatakan, jaringan luas menjadi unsur penting dalam menunjang kinerja bisnis. Apalagi,  sahutnya,  Alfamart memiliki 11  ribu jaringan si Indonesia. Ini,  seru Ahmad Irfan,  adalah hal poaitif bagi bank bjb.

Data menunjukkan, hingga Juli 2015, perolehan PBB P-2 Kabupaten Tangerang senilai Rp 102,56 miliar. Jumlah wajib pajaknya sebanyak 303.309 Wajib Pajak. Tahun ini, Pemerintah Kabupaten Tangerang memproyeksikan perolehan PBB P-2 mencapai Rp 255 miliar.  (ADR)

Related posts