Diperkirakan Sebulan Rute Jakarta – Bogor Lumpuh

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BOGOR

Warga Bogor yang biasa menggunakan jasa kereta rel listrik (KRL) harus lebih bersabar untuk dapat kembali beraktivitas dengan normal. Perbaikan jalur Bogor-Jakarta paska longsor di KM 45+500, Cilebut, Sukaraja, Kabupaten Bogor, dipastikan bakal berlangsung lama. Paling cepat, 24 hari hingga akhir Desember 2012. Sedangkan, perbaikan satu jalur yang masih tersambung baru rampung Kamis (29/11) pekan depan.

Selama perbaikan satu jalur itu, Stasiun Besar Bogor dan Stasiun Cilebut tak beroperasi. Tentu saja kondisi ini mengganggu jadwal perjalanan kereta di stasiun lain sepanjang jalur Bogor Jakarta. Sejak kemarin, 92 perjalanan dari Bogor dibatalkan. Itu belum termasuk pembatalan 32 perjalanan dari arah Jakarta, karena sembilan rangkaian KRL Jakarta-Bogor terparkir di Dipo  Bogor.

Akibat pembatalan tersebut, lebih dari 35 ribu pengguna jasa KRL beralih ke moda trasportasi lain, seperti bus, angkot dan taksi. Sedangkan lima ribu calon penumpang lainnya bergeser ke Stasiun Bojonggede untuk tetap melakukan perjalanan ke Jakarta. Sehingga penumpukan penumpang pun tak terhindarkan di stasiun berkapasitas dua rangkaian kereta itu.

Dari pukul 05:30 dini hari, ribuan penumpang sudah menunggu di peron Stasiun Bojonggede. Kebanyakan dari mereka merupakan penumpang dari Stasiun Bogor yang tak mengetahui peristiwa terputusnya jalur KRL di Cilebut, semalam sebelumnya. Hal ini membuat traffic penumpang di Stasiun Bojonggede melonjak dua kali lipat sejak jadwal perjalanan KRL pertama.

Untuk mengurai penumpukan penumpang di Stasiun Bojonggede, dua rangkaian KRL cadangan di Dipo Bukit Duri pun diturunkan. Selain itu, rute puluhan perjalanan Jakarta-Depok diperpanjang hingga Bojonggede. Kebijakan ini membuat interval perjalanan rata rata di stasiun yang berbatasan dengan Kota Depok tersebut menjadi lima menit sekali. Hingga 18.00 sore, tercatat sebanyak 131 perjalanan telah dilakukan dari stasiun tersebut. Itu belum ditambah sekitar 70 perjalanan lainnya pada malam hari. [DBS]

Related posts