BJBS- KKPS Resmi Bersanding

jabartoday.com/erwin adriansyah
jabartoday.com/erwin adriansyah
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Untuk meningkatkan performa, tidak hanya bisnis, tetapi juga pelayanan, sekaligus jaringan, skema kerjasama menjadi salah satu jurus yang ampuh. Langkah itu pun dilakukan dua lembaga, yaitu PT Bank Pembangunan Daerah Jabar-Banten Syariah atau bank bjbs dan Koperasi Konsumen Praja Sejahtera (KKPS).

Iwa Karniwa, Ketua KKPS, mengemukakan, jalinan kerjasama antara pihaknya dan bank bjbs merupakan sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kinerja sekaligus kesejahteraan para anggotanya. “Tentunya, kerjasama itu pun berdampak positif bagi bank bjbs,” tandas Iwa, Selasa (29/12).

Dalam kerja sama ini, jelas Iwa, bentuknya pihaknya mendapat berbagai jenis pelayanan yang lebih canggih sehingga memudahkan para anggotanya beraktivitas. Satu di antaranya, jelas dia, adalah dalam bentuk aplikasi koperasi berbasis teknologi informatika (TI). “Kerjasama ini memudahkan para anggota karena adanya sejumlah bentuk pelayanan berbasis TI. Artinya, para anggota kami, yang jumlahnya 13.862 orang, dapat melakukan transaksi melalui smartphone. Ini berarti lebih efisien dan mudah,” papar Iwa.

Misalnya, jelas Iwa, para anggota dapat secara mudah memperoleh informasi tentang nilai simpanan pokok, wajib, dan sukarela miliknya masing-masing. Hal itu, jelasnya, jauh lebih mudah daripada para anggota berusaha memperoleh informasinya secara konvensional. Selain itu, kata Iwa, sistem ini membuat jangkauan pun menjadi semakin luas. “Pihak bank bjbs memberi panduan dan PIN bagi para anggota melalui SMS pada nomor yang telah ditentukan bank bjbs. Harapannya, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan para anggota untuk melakukan berbagai jenis transaksi, sekaligus sistem pelayanan lainnya,” seru Iwa.

Iwa mengakui bahwa hingga saat ini, tidak sedikit koperasi yang kurang bahkan tidak berkembang. Itu karena, jelasnya, tingkat kepercayaannya pun kurang sebagai akibat kurang amanahnya para pengurus. “Karenanya, kami siap melakukan pengelolaan KKPS secara benar, transparansi massive, dan akuntabilitas tinggi,” tegas Iwa.

Direktur Utama bank bjbs, Yocie Gusman, jalinan kerjasama ini merupakan bentuk komitmen yang dicanangkan jajarannya guna terus meningkatkan sistem pelayanan perbankan. “Pelayanan Aplikasi Sistem Informasi Koperasi ini siap memberi pelayanan perbankan 24 jam melalui ponsel. Aplikasi ini adalah pelayanan perbankan pertama yang dapat secara langsung diakses Koperasi dan seluruh anggotanya yang telah memiliki nomor menggunakan jaringan UMB (unstructured service sumplementary data),” urainya.

Menurutnya, aplikasi ini pun membuktikan bahwa pihaknya punya komitmen tinggi memajukan seluruh Koperasi di Jabar. Dia berpendapat, hal itu dapat membuat terciptanya perkembangan potensi di setiap kota-kabupaten. “Tidak hanya soal pengelolaan dana dan ketersediaan informasi, kami berharap, ada tindak lanjut kerjasama yang lebih optimal lagi. Misalnya, dalam bentuk skema pembiayaan kepemilkan rumah atau pembiayaan modal kerja koperasi,” sahutnya. (ADR)

Related posts