Bandung Menuju Smart City

  • Whatsapp

JABARTODAY.COM – BANDUNG Cloud of knowledge akan segera dimiliki oleh Kota Bandung. Cloud of knowledge sendiri adalah konsep sharing pengetahuan dari komunitas pendidik, murid, mahasiswa, peneliti, dosen, dan masyarakat umum berbasis komputasi awan, dimana konten/aplikasi/platform pembelajaran dihimpun dalam pusat data dan masyarakat dapat mengakses dengan mudah sesuai kebutuhan.

Untuk mewujudkan konsep tersebut, Telkom telah menggelar infrastruktur teknologi informasi di Kota Bandung, berkolaborasi dengan Institut Teknologi Bandung dan Dinas Pendidikan Kota Bandung. Konsep tersebut merupakan hasil kolaborasi ABG (Academy, Business, Goverment). ITB mengusung konsep smart city yang dikerjakan pemerintah kota dan masyarakat Bandung, dimana salah satu pilarnya adalah Smart Education yang diwujudkan dalam platform “Goesmart” sebagai ajang berbagi konten edukasi bagi para pengajar, mahasiswa dan masyarakat.

Guru Besar ITB, Prof. Suhono Harso Supangkat menjelaskan “Goesmart” sebagai suatu platform jejaring sosial pendidikan yang melibatkan siswa, guru, dan masyarakat umum sehingga menjadi pembelajaran yang mudah, murah, dan cepat.

Dikatakan Direktur Enterprise & Wholesale Telkom, Muhammad Awaluddin, dalam mewujudkan hal itu, pihaknya mengadakan program IndiSchool yang memproyeksikan pemasangan 100 ribu titik akses Indonesia Wifi di sekolah pada 2013.

“Saat ini wifi IndiSchool telah tergelar di 3300 sekolah di Indonesia dan khusus di Kota Bandung akan digelar di 1500 sekolah hingga akhir April ini,” ujarnya dalam jumpa pers di sebuah rumah makan, Senin (25/2).

Menurut Awaluddin, Telkom terus melakukan reformasi infrastruktur telekomunikasi dengan membangun jaringan Information and Comunnication Technology Nasional berbasis optical network platform. (AVILA DWIPUTRA)

Related posts