Tuesday , 19 November 2019
Home » Politik » Bakal Bongkar Bangunan Liar Di Bantaran Sungai

Bakal Bongkar Bangunan Liar Di Bantaran Sungai

Bantaran sungaiJABARTODAY.COM – BANDUNG Wakil Wali Kota Bandung Oded M. Danial meminta kewilayahan untuk melakukan pendataan. Pasalnya, keberadaan bangunan liar di bantaran sungai Kota Bandung, kerap menjadi penyebab sumbatan aliran air (drainase).

Menurut politisi Partai Keadilan Sejahtera tersebut, persoalan banjir yang terjadi di Kota Bandung disebabkan beberapa faktor, seperti drainase dan regulasi. Oleh karena itu, sumbatan air akibat bangunan liar menjadi perhatian. “Bangunan liar di bantaran sungai yang tak berizin tentu menjadi penyumbang persoalan banjir,” tutur Oded, di Gedung Parlemen, Kamis (8/12).

Sebagai tindak lanjut, bahkan untuk meminimalisasi masalah tersebut, pria yang akrab disapa Mang Oded ini, mengaku, telah menginstruksikan kewilayahan untuk mengiventarisir bangunan rumah yang melanggar aturan. Bahkan, bila terbukti upaya pembongkaran perlu dilakukan. “Bila bangunan liar itu menyumbat dan mengganggu banyak orang, tentu harus ditertibkan,” ungkap Oded.

Menyoal fasilitas sanitasi di kawasan pemukiman bantaran sungai, Oded mengklaim, telah menyiapkan konsep khusus. Seperti pembuangan limbah rumah tangga dikelola secara khusus, tak langsung terbuang ke sungai. “Pak Wali Kota (Ridwan Kamil) kan ahli tata kota, tentu punya konsep untuk itu. Kita upayakan solusi lebih baik,” tandas Oded. (koe)