Home » Headline » Aksi Demo Rohingya Makin Membesar di Jakarta

Aksi Demo Rohingya Makin Membesar di Jakarta

Aksi Demo Rohingya 6 September 2017 (dok.jabartoday)

JABARTODAY.COM – Aksi demonstrasi solidaritas Rohingya semakin hari semakin menggema di Jakarta dan sekitarnya. Jumlahnya pun semakin membesar mampu menggugah nurani masyarakat untuk juga memberikan kepedulian. Seperti yang terjadi pagi tadi (6/9) ribuan warga Jakarta memadati kawasan sekitar Bundaran HI. Sambil membawa spanduk bertuliskan Save Rohingya, massa berteriak untuk mengusir Myanmar dari Indonesia.

Sekitar pukul 10.00 WIB, ribuan orang yang datang dari berbagai wilayah mulai memenuhi Bundaran HI. Peserta sempat berputar di Bundaran HI sambil membentangkan spanduk bertuliskan Save Rohingnya. Beberapa ormas yang nampak  hadir di antaranya Front Pembela Islam (FPI), Pemuda Pancasila, Geprindo, Bamus Betawi dan lainnya.

Jalan MH Thamrin pun tak terhindarkan dari kemacetan. Mobil pribadi dan bus Transjakarta terlihat tidak dapat bergerak karena padatnya arus lalu lintas dari arah Monas ke Bundaran HI.

Sementara itu, para orator demo kerap berterik  “Usir-usir Myanmar, usir Myanmar sekarang juga,”. Menurut rencana, mereka akan melakukan long march menuju ke Kedutaan Besar Myanmar di Jalan Agus Salim, Menteng, Jakarta Pusat.

Suasana demonstrasi peduli Rohingya 6/9 (dok.jabartoday)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, akan memfasilitasi pendemo untuk bertemu dengan pihak Kedutaan Besar (Kedubes) Myanmar. Hal itu dilakukan agar aspirasi pendemo untuk solidaritas Rohingya sampai ke pihak Kedubes Myanmar.

“Kami fasilitasi nanti, mediasi sampai ketemu duta, agar pesan ini bisa sampai langsung, apa maunya dari massa,” ujar Argo kepada wartawan (6/9). Menurutnya, untuk mengamankan aksi tersebut, pihaknya mengerahkan ribuan personel. Bahkan polisi juga telah melakukan rekayasa lalu lintas di sekitaran lokasi. Dia berharap, aksi demo itu berlangsung aman dan kondusif.

“Pengamanan dilakukan di sejumlah titik, baik di tempat objek vital lainnya, jalan, dan sebagainya kita amankan, jangan sampai kegiatan ini tak berjalan sesuai yang tidak diinginkan,” tuturnya. Argo melanjutkan, pihaknya telah menjembatani antara pengunjuk rasa dengan pihak kedutaan. Di mana nantinya perwakilan massa akan bertemu petinggi kedutaan Myanmar. (kem)