Saturday , 23 November 2019
Home » Politik » AKD Belum Terbentuk, Pembahasan APBD 2020 Batal

AKD Belum Terbentuk, Pembahasan APBD 2020 Batal

JABARTODAY.COM – BANDUNG Setelah dilantik lebih dari satu bulan, tepatnya 5 Agustus lalu. Pimpinan definitif DPRD Kota Bandung, belum diputuskan. Oleh karena itu, DPRD Kota Bandung untuk sementara waktu masih dipimpin ketua dan wakil ketua sementara.

Penetapan pimpinan DPRD dengan perolehan kursi terbanyak, mengacu pada Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah. Kursi terbanyak pertama diraih oleh PKS dan kursi terbanyak kedua diraih oleh Partai Gerindra.

Setelah dikukuhkan menjadi ketua dan wakil ketua sementara, mereka memiliki kewenangan untuk memimpin rapat paripurna.

Namun, manakala berbicara Alat Kelengkapan Dewan (AKD) DPRD Kota Bandung, yang belum terbentuk, beberapa agenda tidak bisa terlaksana. Termasuk pembahasan anggaran pendapatan dan belanja daerah atau APBD tahun 2020 Kota Bandung.

Ketua sementara DPRD Kota Bandung, Yudi Cahyadi mengatakan, batalnya rapat paripurna APBD 2020 Kota Bandung, Kamis (12/9), karena ada persepsi yang berbeda mengenai surat edaran Menteri Dalam Negeri.

“Setelah AKD terbentuk, rapat APBD 2020 akan segera dilaksanakan,” jelas Yudi.

Politisi PKS itu juga menyebut proses penyelesaian AKD, yang didahului dengan pengesahan pimpinan definitif dan tata tertib DPRD Kota Bandung, tinggal menunggu penetapannya saja. Harapannya dalam waktu dekat ini AKD sudah terbentuk agar pelaksanaan program maupun kegiatan dewan dapat dilaksanakan.

“Kalau APBD tidak segera disahkan, tentunya akan merugikan masyarakat,” terang Yudi. (edi)