Aher Cicipi Rastra

  • Whatsapp

jabartoday.com/erwin adriansyah
jabartoday.com/erwin adriansyah
JABARTODAY.COM – BANDUNG — Ternyata, beras dalam program beras sejahtera (rastra), memiliki kualitas baik. Itu diakui Gubernur Jabar, Ahmad Heryawan.

“Kualitasnya sangat baik,” tandas Aher, sapaan akrabnya, saat mencicipi nasi rastra usai Launching Rastra 2016 di Gedung Sate, Jalan Dipenogoro Bandung, Jumat (22/1).

Orang nomor satu di Jabar itu meneruskan, di wilayahnya, pendistribusian rastra berlangsung di seluruh kota-kabupaten tatar Pasundan. Volume Rastra 2016, sebut Aher, sebanyak 470 ribu ton atau sekitar 39 ribu ton per bulan, bagi 2,6 juta rumah tangga sasaran atau untuk sekitar 13 juta penduduk miskin dan nyaris miskin.

Aher berpendapat, seyogianya, rastra tidak hanya berfungsi sebagai sarana pemenuhan pangan bagi masyarakat miskin dan nyaris miskin, tetapi juga menekan harga jual beras yang meninggi selama beberapa waktu terakhir.

Pihaknya, kata Aher, berharap pemerintah kota-kabupaten dapat mengalokasikan APBD-nya untuk menggratiskan rastra, seperti yang dilakukan tiga pemerintah daerah, Kota Bandung, Kota Banjar, dan Kabupaten Ciamis. “Memang, menggratiskan rastra bukan sebuah keharusan. Tapi, jika pemerintah daerah melakukan hal itu, tentunya, merupakan hal yang baik dan sangat dirasakan masyarakat, papar Aher. (ADR)

Related posts