Agun: UMKM Harus Mendapat Perhatian Besar Pemerintah

(humasuniku)

JABARTODAY.COM-KUNINGAN. Usaha Mikro, Kecil & Menengah (UMKM) harus mendapatkan perhatian, karena merupakan tumpuan hidup terbesar rakyat Indonesia. Perkembangan UMKM yang demikian besar menyiratkan bahwa terdapat potensi yang besar atau kekuatan domestik.

Demikian dikemukakan Ketua Fraksi FPG MPR RI, Agun Gunanjar Sudarsa saat menjadi pembicara utama dalam Seminar Nasional tentang “Mewujudkan Pertumbuhan Perekonomian Nasional Melalui Penguatan Sistem Perekonomian Kerakyatan” di Gedung Student Center “Iman Hidayat UNIKU, Selasa (25/9/2o18).

Agun mengungkapkan, jumlah UMKM di Indonesia sangat banyak yakni sekitar 51, 257 juta atau 99,9 % dari seluruh pelaku bisnis. UMKM telah memberikan kontribusi yang besar terhadap PDB (60,34%) serta dapat menyerap tenaga kerja dalam jumlah yang besar (90,9 Juta) jiwa dan sebagai katup penyelamat dalam proses pemulihan ekonomi Indonesia, baik dalam mendorong pertumbuhan ekonomi maupun penyerapan tenaga kerja.

“Jika hal ini dapat dikelola dan dikembangkan dengan baik tentu akan dapat mewujudkan usaha menengah yang tangguh, seperti yang terjadi saat perkembangan usaha-usaha menengah di Korea Selatan dan Taiwan,” ujarnya. (sep)

Related posts