Home » SainsTek » APEC Jadi Ajang Uji Coba Teknologi 4G

APEC Jadi Ajang Uji Coba Teknologi 4G

Tifatul_Sembiring-2JABARTODAY.COM – BANDUNG

Seiring dengan perkembangan dan pertumbuhan ekonomi, dunia telekomunikasi pun turut mengalaminya. Karenanya, pemerintah bersiap menerapkan dan mengimplementasikan sistem 4-G LTE dalam waktu dekat.  Rencananya, uji coba implementasi sistem 4-G LTE itu berlangsung saat APEC di Bali, yaitu Nusa Dua, Kuta, dan Jimbaran, pada 1-8 Oktober 2013. Hal itu disampaikan Menteri Telekomunikasi dan Informatika RI, Tifatul Sembiring,

Menurut Tifatul, sistem teknologi terkini yang memiliki kecepatan 2×10 gigabyte tersebut dapat menjadi penunjang agenda APEC. “Kami optimis bahwa uji coba itu sukses. Dasarnya, sejak 2011, teknologi ini dikembangkan. Uji coba pun kerap berlangsung. Ini demi suksesnya penerapan teknologi telekomunikasi tersebut di tanah air,” ujar Tifatul di sela kegiatan Hari Bhakti Pos dan Telekomunikasi, di Gedung Wahana Bhakti Pos Bandung, Jumat (27/9).

Pasca uji coba itu, Tifatul mengharapkan, sistem 4-G LTE menjadi ladang dan prospek bisnis pertelekomunikasian di Indonesia. Untuk itu, guna merealisasikan dan mendukung prospek tersebut, ungkap Tifatul, pihaknya berencana untuk menerbitkan peraturan menteri.

Akan tetapi, Tifatul mengakui, bahwa pengaplikasian dan pengimplementasian sistem tersebut bukan tanpa kendala. Pasalnya, dibutuhkan piranti yang benar-benar mendukung sistem 4-G LTE. “Mayoritas kalangan masyarakat di Indonesia masih menggunakan piranti yang hanya mendukung sistem 2-G dan 3-G,” terangnya.

Tifatul menambahkan, pada ajang APEC tersebut, selain 4-G LTE, pemerintah pun berencana mengujicobakan televisi digital. Sistem digital itu merupakan hasil kolaborasi antara pemerintah, PT LEN, dan TVRI. “Cakupannya masih terbatas, yakni sekitar Bali,” tandasnya. (VIL)

Komentar

komentar