Home » Bandung Raya » JSI Yakin Hasil Quick Count Tidak Meleset

JSI Yakin Hasil Quick Count Tidak Meleset

PilwalkotJABARTODAY.COM – BANDUNG

Jaringan Suara Indonesia (JSI) akan menggelar quick count atau hitung cepat hasil Pemilihan Walikota Bandung 2013, Minggu (23/6) mendatang. Rencananya, quick count akan digelar di Ruang Rancabali, Hotel Preanger, Jalan Asia Afrika, mulai pukul 14.00.

Field Manager Riset JSI, Rudi Ruswandi, mengatakan, ketertarikan pihaknya melakukan hitung cepat hasil pencoblosan Pilwalkot 2013, dikarenakan rasa penasaran dan persaingan sengit para calon.

“Walau secara hasil bukan resmi, karena yang resmi itu tetap penghitungan faktual KPU. Tapi setidaknya quick count bisa menjadi acuan siapa yang akan menang. Selama ini, hasil quick count yang kami lakukan tidak pernah meleset dari hasil KPU,” kata Rudi kepada wartawan di sebuah kafe, Jumat (21/6).

Rudi menambahkan, sejak berdiri tahun 2008 lalu, JSI sudah melakukan sebanyak lebih dari 300 survei dan 50 lebih quick count. Lima quick count terakhir digelar Januari-Juni 2013, yaitu di Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan, Papua, Jawa Barat, Nusa Tenggara Barat, dan Jawa Tengah. Pada lima quick count terakhir, JSI memperoleh nilai rata-rata selisih absolut dibawah 0,5%.

“Artinya, ini memang bukan hal baru dan hasil quick count yang kami lakukan tidak meleset jauh dengan hasil penghitungan final yang dilakukan KPU,” yakin Rudi.

Khusus untuk Pilwalkot Bandung, Rudi menyebut, akan menggunakan metodologi multistage random sampling dengan margin error kurang lebih 1%. Dalam pelaksanaannya, JSI akan menggunakan 270 TPS dari total 4.118 yang ada sebagai sampel yang menyebar proporsional dan dipilih secara acak di seluruh kecamatan.

“Nantinya di tiap TPS itu akan ditempatkan satu relawan yang sudah terlatih dan independen. Artinya, relawan tidak boleh terpengaruh kondisi apapun. Mereka akan mencatat suara yang sah,” tegasnya.

Data dari relawan, sambung Rudi, akan dikirim via pesan singkat ke server JSI. Data itu kemudian akan diolah dan ditampilkan sebagai hasil akhir. Rudi memprediksi, seluruh data akan masuk semua di hari Minggu pukul 16.00.

“Nanti akan bisa dilihat pergerakan masing-masing suara calon. Rencananya penghitungan cepat akan dilakukan hingga pukul 4 sore. Dan itu sudah final sehingga bisa terlihat siapa nantinya yang menang,” ungkap Rudi.

Disinggung mengenai independensi JSI, Rudi menegaskan, pihaknya tidak akan mendukung pasangan manapun. Pihaknya pun akan berpegang teguh pada keakuratan data karena berkaitan dengan reputasi lembaga. (VIL)

Komentar

komentar