Home » Headline » Cecep Darmawan Terbukti Plagiat

Cecep Darmawan Terbukti Plagiat

Dr. Cecep Darmawan, Direktur Kemahasiswaan UPI yang juga Rektor Universitas Subang terbukti menjiplak karya ilmiah mahasiswa S3 UNPAD. Saat ini, Cecep Darmawan terancam dicopot dari kedua jabatan tersebut. (fpips.upi.edu)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Senat Akademik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jumat sore (2/3), menggelar sidang pleno dan menjatuhkan sanksi berupa penurunan jabatan dan golongan bagi tiga calon guru besar yang terbukti melakukan plagiat. Ketiga calon guru besar adalah Dr. Cecep Darmawan (Direktur Kemahasiswaan UPI & Rektor Universitas Subang), Dr. B. Lena Nuryanti (Dosen FPIPS UPI) dan Dr. Ayi Suherman (Dosen UPI Kampus Sumedang).

Ketua Senat Akademika, Prof. Syihabuddin menjelaskan, sanksi tersebut berdasarkan peraturan perundang-undangan dan Peraturan Pemerintah No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 117/2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi dan Keputusan Senat Akademik No. 001/Senat.Akd./UPI-SKV/V/2008 tentang kode etik dosen UPI, yaitu berupa penurunan pangkat dan jabatan.

Selain penurunan pangkat dan jabatan, ungkap Syihabuddin, ketiga dosen ini juga digugurkan dari promosi guru besarnya. Hasil rapat pleno senat akademika selanjutnya akan diberikan pada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional c.q. Dirjen Dikti secepatnya.

“Sanksi ini diharapkan akan memberikan efek jera dan demi bangsa ini untuk tetap menjaga dan menjunjung kejujuran,” ujarnya. (das)

Komentar

komentar

20 comments

  1. Memalukan almamamter, harusnya dikelurkan dari UPI.

  2. Saya mah tidak heran kalau Kang Cecep melakukan plagiarisme, yang saya kenal sejak mahasiswanya saja sangat ambisius dan menghalalkan segala cara. Punten ka Pa Idrus, Ulah ngabelaan wae junior nu teu bener ah!

  3. kang Marzuki….. kumaha damang…asa kaemutan deui nuju jaman di PKM…..

  4. Fitnah yg keji

  5. eta rarayna kumaha nyak, te isin kitu?hadeh isin si aku mah da, komo deui institusi pendidikan negri deui mang eta teh

  6. Tahun 2009, seorang dosen itb dipecat sebagai pegawai ITB, oleh Prof Dr Djoko Santoso (Rektor ITB pada waktu itu/sekarang dirjen depdikbud). Dicopot gelar Phd, dan tidak dipebolehka lagi berkecimpung dibidang elektro. Kejadinnya ybs menulis karya ilmiah jiplakan di majalah internasional.

  7. Tahun 2009, seorang dosen itb dipecat sebagai pegawai ITB, oleh Prof Dr Djoko Santoso (Rektor ITB pada waktu itu/sekarang dirjen depdikbud). Dicopot gelar Phd, dan tidak dipebolehka lagi berkecimpung dibidang elektro. Kejadinnya ybs menulis karya ilmiah jiplakan di majalah internasional, sebelum ybs menyandang gelar Phd, tahun 2002?

  8. yah suruh kuliah lagi aja.. ato bikin skripsi lagi..

  9. TEU NANAON CECEP DARMAWAN ANJEUN NUJU SIAL BIASA WE, TENANG KAN ANJEUN TIM SUKSES REKTOR, SOK LAH MAJU DEUI JANTEUN GURU BESAR, MAKALAHNA NINAGLAIN WE NU BATUR MEH ENGGAL BERES…WILUJENG CEP

  10. Pak Rektor UPI, sekarang anda waktunya balasbudi pada Cecep Darmawan, kan dia tim sukses anada, biar yang lain jadi korban oleh DIKTI tapi yang penting Cecep Darmawan selamat, Nyali anda rektor sekarang diuji, jangan habis manis sepah dibuang, cik rektor tndakan anda gimana.

  11. tolong yah jangan hanya plagiat yang diurusin.. beasiswa PPA dan BBM pun harus disoroti donk, masa ada pemotongan terus yang harusnya 4,8 jt,,malah 4 juta…harusnya perbulan 400rb jangan dicolong ajah beasiswa teh. kita ini mahasiswa yang ripuh anda mungkin para pejabat upi udah enak enakan.ni bukti beasiswa 4,8jt : http://www.pikiran-rakyat.com/node/107152

    makasih.. salam hangat buat koruptor pendidikan indonesia.. nama aja pendidikan tapi kegiatannya menjijikan

  12. Aku dapat kiriman pantun via SMS begini:

    “Becak Medan amat kesohor, kalah oleh sepeda motor. Cecep Darmawan mau jadi Profesor, malah menjadi plagiator”.

  13. Saatnya barisan sakit hati muncul bak malaikat pencabut nyawa.. Hati2 dalam berkomentar,Bung

  14. nasrullah :

    siapa yah nasrullah itu, kok membabi buta mendukung plagiator, kita itu ingin menegakkan etika ilmiah siapapun dia.

  15. @ Nasrullah: Kalau nanti CD mati, bukan karena dicabut nyawanya oleh BSH (Barisan Sakit Hati) tapi oleh MSA (Malaikat Suruhan Allah).

    Dasar, ngaran weh Nasrullah!!!

  16. Sudahlah…
    http://WWW.ASPENSI.COM = http://WWW.JABARTODAY.COM
    orang-orang yang sama AS & F
    lingkaran barisan sakit hati yang sedang menggali kuburan dengan menunjukkan kebusukan melalui FITNAH-FITNAH yang keji.

  17. beungeut

  18. Apapun jadi halal ya untuk menjadi Prof.. semoga tidak terjadi lagi di manapun

  19. mudah-mudahan tidak ada plagiator di UPI lagi. cukup CD dan Prof DB aja.

    ya Allah lindungilah almamater kami dari plagiator

  20. Pepen (S) Surepen

    Menjijikan sekaligus memalukan, almamater urang jadi kieu. Kumaha mahasiswana kahareup?

Leave a Reply

Your email address will not be published.