Pendidikan

Cecep Darmawan Terbukti Plagiat

Dr. Cecep Darmawan, Direktur Kemahasiswaan UPI yang juga Rektor Universitas Subang terbukti menjiplak karya ilmiah mahasiswa S3 UNPAD. Saat ini, Cecep Darmawan terancam dicopot dari kedua jabatan tersebut. (fpips.upi.edu)

JABARTODAY.COM – BANDUNG

Senat Akademik Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Jumat sore (2/3), menggelar sidang pleno dan menjatuhkan sanksi berupa penurunan jabatan dan golongan bagi tiga calon guru besar yang terbukti melakukan plagiat. Ketiga calon guru besar adalah Dr. Cecep Darmawan (Direktur Kemahasiswaan UPI & Rektor Universitas Subang), Dr. B. Lena Nuryanti (Dosen FPIPS UPI) dan Dr. Ayi Suherman (Dosen UPI Kampus Sumedang).

Ketua Senat Akademika, Prof. Syihabuddin menjelaskan, sanksi tersebut berdasarkan peraturan perundang-undangan dan Peraturan Pemerintah No. 53/2010 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil (PNS), Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) No. 117/2010 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Plagiat di Perguruan Tinggi dan Keputusan Senat Akademik No. 001/Senat.Akd./UPI-SKV/V/2008 tentang kode etik dosen UPI, yaitu berupa penurunan pangkat dan jabatan.

Selain penurunan pangkat dan jabatan, ungkap Syihabuddin, ketiga dosen ini juga digugurkan dari promosi guru besarnya. Hasil rapat pleno senat akademika selanjutnya akan diberikan pada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nasional c.q. Dirjen Dikti secepatnya.

“Sanksi ini diharapkan akan memberikan efek jera dan demi bangsa ini untuk tetap menjaga dan menjunjung kejujuran,” ujarnya. (das)

p5rn7vb

Komentar

komentar