Home » Lifestyle » JTEX Jadi Alat Promosikan Kota Bandung

JTEX Jadi Alat Promosikan Kota Bandung

JTEXJABARTODAY.COM – BANDUNG

Disangkal atau tidak, Kota Bandung tidak memiliki destinasi untuk dikunjungi oleh para wisatawan, baik domestik maupun asing. Berbeda dengan daerah lain, seperti Bali, Yogyakarta, atau kota lainnya. Bahkan, daerah penyangga Kota Bandung sendiri, yaitu Kabupaten Bandung Barat. Hal itu diakui oleh Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung, Herry M Djauhari.

“Kita memang tidak punya wisata alam. Tapi kita memiliki heritage (bangunan bersejarah) yang sering dikunjungi wisatawan asing,” ujar Herry usai pelaksanaan Jabar Travel Exchange di Padepokan Mayang Sunda, Jalan Peta 209, Selasa (14/5) malam.

Menurut Herry, bangunan bersejarah seperti Gedung Merdeka, menjadi daya tarik wisatawan asing, terutama Eropa. Maka itu, dengan diadakannya JTEX 2013, ia berharap wisatawan berbondong-bondong datang ke Bandung. “Wisata heritage masih jadi andalan kita. Belum lagi kuliner di Bandung juga menjadi magnet para wisatawan,” tukasnya.

Keresahan tidak adanya destinasi unik untuk dikunjungi di Bandung, selain factory outlet atau tempat makan, dijawab Ketua Unsur Kebijakan Badan Promosi Pariwisata Kota Bandung, Nicholaus Lumanauw. Ia menyebut, pihaknya melalui kegiatan ini, akan mempromosikan Bandung dimulai dari rumah-rumah.

“Dengan mengambil suatu konsep ethnic sunda culture, bahwa kita sudah punya teater yang bagus kepada pihak luar. Kesenian kita juga banyak dan mulai bekerjasama memasarkan mulai dari rumah-rumah,” sambung Nico.

Selain itu, imbuh Nico, acara ini juga untuk memberi apresiasi dan update informasi bahwa Kota Bandung telah memiliki badan promosi. “Tiap tahun kita harus update karena Bandung adalah kota kreatif. Update kreativitas,” tegasnya.

Pembukaan JTEX sendiri dihadiri dan diresmikan langsung oleh Walikota Bandung Dada Rosada dan diisi dengan hiburan khas Sunda. Melalui acara ini, diharapkan kehadiran wisatawan asing semakin meningkat, seiring diundangnya perwakilan negara-negara sahabat. (VIL)

Komentar

komentar