Home » Hukum » Polri Selamatkan Uang Negara Rp 910 M

Polri Selamatkan Uang Negara Rp 910 M

IMG01853-20131209-1505JABARTODAY.COM – BANDUNG Memperingati Hari Anti Korupsi Indonesia yang jatuh pada Senin (9/12), Polri juga turut serta dalam perang memberantas korupsi, terbukti dengan ribuan kasus yang telah ditangani dan diselesaikan oleh pihak kepolisian.

Dikatakan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigadir Jenderal Boy Rafli Amar, Polri, khususnya Kepolisian Daerah, telah menangani 1343 kasus korupsi se-Indonesia. “Ada sekitar 820 sudah P-21 (lengkap) dan kita limpahkan ke kejaksaan untuk disidangkan,” ujar Boy di Mapolda Jawa Barat, Senin siang.

500 kasus sendiri, diutarakan Boy, masih dalam tahap penyidikan. Sedangkan, keuangan negara yang dapat diselamatkan kepolisian sekitar Rp 910 miliar dari seluruh kasus yang ditangani. “Mengalami peningkatan empat kali lipat dibanding tahun lalu. Dan saat ini kita masih melakukan rekapitulasi berapa kerugian negara sebenarnya,” ungkap Boy.

Mantan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya itu menyebut, Polda Jabar tertinggi dalam penanganan juga penyelesaian kasus tindak pidana korupsi. Disusul Polda Jawa Timur dan Sumatra Utara. “Semoga ini menjadi pemicu Polda-Polda lain. Dan Polres (kepolisian resor) ini yang kita pacu (dalam penanganan korupsi),” ucap Boy.

Boy menyatakan, Polri juga melakukan penguatan di jajarannya, termasuk untuk Polda juga Polrestabes/Polresta/Polres. Tak hanya itu, aspek pencegahan internal juga dilakukan, yang di dalamnya meliputi penindakan yang dilakukan penyidik Mabes Polri. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.