Home » Hukum » Operasi Zebra Lodaya Akan Libatkan Brimob

Operasi Zebra Lodaya Akan Libatkan Brimob

suhardi aliusJABARTODAY.COM – BANDUNG

Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat Inspektur Jenderal Suhardi Alius angkat bicara soal penusukan terhadap 3 anggota Unit Lalu Lintas Kepolisian Sektor Kota Bandung Kulon oleh pria yang diduga mengalami gangguan jiwa, Sabtu (30/11) lalu. Menurut Suhardi, peristiwa itu menjadi bahan koreksi dan instropeksi pihaknya untuk berhati-hati dalam bertugas.

“Bahwa semua petugas di lapangan harus mempunyai kemampuan untuk memperkirakan tindakan-tindakan semacam itu hingga tidak terlalu banyak korban seperti kemarin,” ujar Suhardi di Mapolda Jabar, Rabu (4/12).

Kapolda sendiri bersyukur tidak timbul korban jiwa, hanya saja untuk mengantisipasi hal sama terulang kembali, jajarannya akan menggiatkan latihan bela diri, khususnya bagi petugas di lapangan, seperti anggota lantas.

“Kita memang rutin latihan bela diri, namun yang di lapangan akan kita aktifkan kembali, sehingga dia bisa menangkal bila ada orang yang melakukan tindakan tidak bertanggung jawab dan bisa mengantisipasi dengan baik,” terang Kapolda.

Operasi Zebra Lodaya 2013 sendiri, ditegaskan Suhardi, akan terus berlanjut hingga 11 Desember nanti. Dan mencegah tindakan yang sama, Polda Jabar akan melibatkan anggota polisi dari satuan lainnya, seperti Reserse dan juga Brigade Mobil (Brimob). “Sudah dilibatkan (satuan lain) hanya belum maksimal, karena kegiatan Operasi Zebra ini banyak titiknya,” imbuh Suhardi.

Seperti diberitakan, pada Sabtu lalu, sekitar pukul 11.00 di Jalan Cigondewah Rahayu, Kelurahan Cigondewah Rahayu, Kecamatan Bandung Kulon, 3 anggota polisi yang sedang melakukan Operasi Zebra Lodaya 2013 ditusuk orang tidak dikenal.

Ketiganya adalah Ajun Inspektur Satu Endang Pirtana, Panit Patroli Polsek Bandung Kulon yang mengalami luka sayatan di paha sebelah kanan. Lalu, Brigadir Asep Abdullah, anggota Unit Lantas Polsek Bandung Kulon dengan luka sayatan pada leher. Dan Brigadir Toni Murdani, anggota Patroli Polsek Bandung Kulon dengan luka sayatan di paha sebelah kanan.

Pelaku sendiri berhasil dilumpuhkan dengan 2 tembakan di paha mereka. Polisi mengamankan barang bukti 1 buah pisau. Pelaku langsung diangkut ke RS Sartika Asih Bdg, sedangkan korban dibawa ke RS Rajawali. (VIL)

Komentar

komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published.