Home » Headline » Mantan Ketua PMI Kota Bandung Tersangka Dana Hibah

Mantan Ketua PMI Kota Bandung Tersangka Dana Hibah

PMIJABARTODAY.COM – BANDUNG

Ketua Palang Merah Indonesia Kota Bandung periode 2007-2012, Nadi Sastrakusumah, ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Agung dalam kasus penyalahgunaan dana hibah Pemerintah Kota Bandung tahun 2007 dan penyalahgunaan dana transfusi darah PMI Kota Bandung tahun 2008-2009 senilai Rp 2,8 miliar.

Hal itu diketahui dari mantan Kepala Unit Transfusi Darah PMI Kota Bandung, Chairul Amri, yang dipanggil sebagai saksi oleh Direktorat Tindak Pidana Khusus Kejagung RI, Senin (29/7), terkait penyalahgunaan dana transfusi darah.

“Iya saya dipanggil Kejaksaan Agung sebagai saksi untuk tersangka Nadi, Senin kemarin. Saya bawa berkas yang diminta pihak Kejagung,” ujar Chairul saat ditemui di kliniknya, Rabu (31/7).

Panggilan ini sendiri yang kedua bagi Chairul, yang pertama di pertengahan Mei 2013. Saat itu dirinya memberikan keterangan terkait dana hibah di UTD PMI Kota Bandung selama 7 jam kepada penyidik Kejagung RI. Sedangkan, pada panggilan kedua, ia hanya menambah keterangan juga berkas yang kurang.

“Saya sendiri juga kaget waktu dipanggil Kejagung, karena saya tidak pernah melaporkan. Saya juga tidak tahu kasusnya apa dan yang mana,” ucap pria yang berprofesi sebagai dokter.

Nadi sendiri diduga menyalahgunakan dana UTD atau biaya pengganti pengolahan darah ke kantong-kantong pengeluaran yang tidak semestinya, seperti uang rutin bulanan, uang transpor, uang kehadiran dan piket, uang rapat kepada para pengurus PMI Kota Bandung. Tidak menjadi masalah kalau itu untuk pegawai, tapi pengurus layaknya relawan yang tidak menerima bayaran. Atas dasar itu, Kejagung RI menetapkan Nadi sebagai tersangka. (VIL)

Komentar

komentar